Maybank Berikan Pelatihan Wirausaha kepada Penyandang Disabilitas

Bantuan itu diberikan melalui program Global CR Day yang melibatkan karyawan Maybank cabang Bali.

Maybank Berikan Pelatihan Wirausaha kepada Penyandang Disabilitas
Warta Kota/Dody Hasanuddin
Presiden Direktur Maybank Indonesia, Taswin Zakaria, memberikan sambutan saat para peserta lomba Maybank Bali. Marathon 2017 mengambil paket lomba. 

WARTA KOTA, BALI - Sebanyak 65 penyandang disabilitas di Bali mendapatkan pelatihan wirausaha. Umumnya para tuna rungu yang mendapatkan pelatihan tersebut telah memiliki usaha kecil-kecilan.

"Ini bagian CSR kami. Kami memberikan pelatihan mulai dari cara meningkatkan kualitas produk, pengemasan, dan pemasaran. Kami ingin para penyandang disabilitas itu mandiri dalam bidang ekonomi," kata Presiden Direktur Maybank Indonesia, Taswin Zakaria, di Taman Bhagawan, Tanjung Benoa, Badung, Bali, Sabtu (26/08/2017).

Menurut Taswin, para penyandang disabilitas tersebut terjun ke dunia bisnis di bidang kuliner, menjahit, dan perdagangan.

Setelah diberikan pelatihan kemudian mereka mendapatkan pendampingan selama enam bulan. Lalu para pelatih melakukan evaluasi.

Hasilnya pendapatan mereka naik menjadi 350 persen.

"Kami tidak memberikan bantuan modal dan hanya memberikan pelatihan. Hasilnya luar biasa. Kami mereka memberikan bantuan modal itu tidak mendidik," tutur Taswin.

Taswin menambahkan bahwa program pemberian pelatihan itu sudah dilaksanakan sejak dua tahun yang lalu di sejumlah wilayah.

Tercatat ada 200 orang yang telah mendapatkan pelatihan.

Taswin menyatakan, selain memberikan bantuan kepada penyandang disabilitas, Maybank juga memberikan bantuan alat belajar mengajar ke-300 guru dari 35 sekolah yang dilalui rute Maybank Bali Marathon 2017.

"Nanti para murid sekolah akan memberikan semangat kepada para pelari. Kami juga telah memberikan bantuan serupa di Jakarta dan Yogyakarta," ujar Taswin.

Maybank Indonesia juga memberikan dukungan peralatan sekolah kepada siswa-siswi penyandang disabilitas tuna rungu dari sanggar tari Sandi Muni Kumara, lanjutnya.

Bantuan itu diberikan melalui program Global CR Day yang melibatkan karyawan Maybank cabang Bali.

Selama sesi pengambilan paket lomba di Taman Bhagawan, Maybank memberi kesempatan untuk menampilkan karya pengrajin tenun melalui program Maybank Women Eco Weavers dan pameran busana melalui fesyen show.

Penulis: Dody Hasanuddin
Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved