WartaKota/

‎Fahri Hamzah: Kalau Jadi Presiden, Saya Bikin Perppu KPK

Sebab, ia menilai banyak kejanggalan yang harus diperbaiki dari kinerja KPK sekarang ini.

‎Fahri Hamzah: Kalau Jadi Presiden, Saya Bikin Perppu KPK
TRIBUNNEWS/WAHYU AJI
Fahri Hamzah 

WARTA KOTA, SENAYAN - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengusulkan Presiden Joko Widodo menerbitkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu), mengenai Undang-undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK).

‎"Presiden bisa membuat perppu, lebih cepat. Kalau saya jadi presiden, saya bikin perppu, ini darurat kok," kata Fahri di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (23/8/2017).

Alasannya, menurut Fahri, pemberantasan korupsi sekarang ini terbilang darurat. Namun, penanganan yang dilakukan KPK terkesan biasa saja, dan tidak ada peningkatan.

Baca: Minta Pansus Angket Lakukan Pemanggilan Paksa, Fahri Hamzah: KPK Berhentilah Petantang Petenteng

‎"Penanganannya kok kaya gini, kan enggak memadai, tambah kacau keadaannya. Harusnya presiden kalau mau, bikin perppu," ujarnya.

Menurut Fahri, Presiden harus berani mengeluarkan Perppu terkait KPK. Sebab, ia menilai banyak kejanggalan yang harus diperbaiki dari kinerja KPK sekarang ini.

"Ini kejanggalan dan permasalahannya sudah terlalu banyak. Presiden harus berani. Jangan kayak yang lalu-lalu, ditekan, belok. Sekarang Pak jokowi harus berani kalau mau memperbaiki sistem," tuturnya.

Baca: Fahri Hamzah: KPK Itu Seperti Negara dalam Negara

Menurut Fahri, untuk mengevaluasi KPK, bisa dengan cara merevisi UU KPK. Hanya, revisi harus disetujui kedua belah pihak, antara legislatif dan eksekutif. Oleh karena itu, Pansus Angket hanya bisa memberikan rekomendasi revisi.

‎"Kalau Presiden setuju, maka masuk prolegnas. Dalam prolegnas segera dibahas. Bila perlu nanti kalau sudah merupakan kesepakatan, ya dibahas secara cepat seperti yang lalu-lalu. Itu kalau Presidennya mau," paparnya. (Taufik Ismail)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help