WartaKota/
Home »

News

» Jakarta

Dinas Dukcakpil DKI Akan Luncurkan Program Dokter Perkasa Bagi PMKS

Dimana, PMKS yang berada di panti tidak akan dipersulit dengan berbagai dokumen jika ingin berobat atau mengikuti proses belajar mengajar.

Dinas Dukcakpil DKI Akan Luncurkan Program Dokter Perkasa Bagi PMKS
Warta Kota/Bintang Pradewo
Kadis Dukcakpil DKI Edinson Sianturi 

WARTA KOTA, GROGOLPETAMBURAN - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta sedang mengodok program Dokter Perkasa (Dokumen Kependudukan Terintegrasi Pelayanan Penuh Kasih Sayang) untuk warga yang berada di Panti Sosial DKI Jakarta.

Sehingga, penghuni panti sosial tidak repot dalam kepengurusan dokumen.

Kepala Dinas Dukcakpil DKI Edinson Sianturi mengatakan bahwa program Dokter Perkasa dikhususkan kepada para Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

Dimana, PMKS yang berada di panti tidak akan dipersulit dengan berbagai dokumen jika ingin berobat atau mengikuti proses belajar mengajar.

Pasalnya, program ini terintegrasi lima instansi seperti Dinas Sosial DKI Jakarta, Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Dinas Dukcakpil dan BPJS.

"Saat ini masih kita godok dan terus dirapatkan. Secepatnya program itu akan diselenggarakan," ucap Edinson kepada Warta Kota, Selasa (22/8/2017).

Dia mencontohkan seperti penghuni panti sosial yang ingin berobat. Biasanya dipersulit soal dokumen. Dari panti sosial tinggal diberitahu dan diberikan NIK kependudukannya.

Sehingga, Dinas Kesehatan DKI akan menindaklanjuti dengan menyerahkan data tersebut ke BPJS Kesehatan. "Jadi langsung bisa diakses dari panti. Ngga perlu lama-lama ngurus dokumen lagi," ucap dia.

Tak hanya itu, jika ingin mendapatkan Kartu Jakarta Pintar (KJP), penghuni panti sosial bisa langsung mengakses dari panti. "Jadi negara hadir untuk menyelesaikan masalah masyarakat. Dia ngga perlu datang, hanya lewat panti saja," ucap dia.

Saat ini program Dokter Perkasa aplikasinya sedang dibangun. Walaupun sarana dan prasarana sudah ada. Namun, butuh aplikasi dan jaringan untuk mempermudah sistem.

"Alasannya Program Dokter Perkasa yaitu dalam rangka menuju penyelenggaran Adminduk yang membahagiakan rakyat," kata Sapto Wibowo, Kepala Bidang Pendaftaran Pendudukan Dinas Dukcakpil DK

Penulis: Bintang Pradewo
Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help