Tips

Taman Gantung Unik Nan Asri

Membuat taman tak melulu harus mempunyai lahan yang luas. Dengan lahan dan ruang terbatas pun Anda bisa membuat taman yang menyegarkan. Coba yuk!

Taman Gantung Unik Nan Asri
Istimewa
TAMAN gantung dari botol softdrinks bekas. 

WARTA KOTA, PALMERAH --- KEHADIRAN sebuah taman akan membuat hunian makin nyaman untuk ditinggali. Tak hanya untuk rumah dengan ukuran besar, tetapi juga untuk rumah minimalis dan bahkan ukuran mungil.

Membuat tamanpun tak melulu harus mempunyai lahan yang luas. Dengan lahan dan ruang terbatas pun Anda bisa membuat taman yang menyegarkan.

TAMAN gantung dengan desain kreatif.
TAMAN gantung dengan desain kreatif. (Istimewa)

Jika ruang dan lahan terbatas, taman gantung menjadi salah satu alternatif untuk membuat hunian Anda makin asri. Apalagi jika taman gantung tersebut merupakan buah ide dan kreatifitas Anda sendiri, tentu akan semakin betah Anda tinggal di rumah. Taman gantung ini bisa Anda buat baik di dalam maupun di luar rumah  

Jika tak ingin repot, Anda tinggal membeli pot-pot gantung yang sudah tersedia di kios-kios penjual tanaman. Agar tak sama dengan pot-pot serupa milik orang kebanyakan atau tetangga dekat, Anda bisa mengecatnya sehingga pot-pot gantung itu akan tampak berwarna dan menarik.

Tentunya, sebelum Anda memulai ini semua, mesti disiapkan dahulu alat dan bahannya, seperti pot-pot gantung, tanaman, tanah, pupuk, sekop kecil, air, dan sebagainya. 

TAMAN gantung sederhana
TAMAN gantung sederhana (Istimewa)

Hemat

Nah, jika Anda ingin mencoba ide kreatif yang dimiliki, silakan wujudkan. Kekreatifan Anda bukan tak mungkin bisa menghemat dana yang harus dikeluarkan untuk membuat taman gantung minimalis tersebut. Contohnya, dengan menjadikan barang bekas yang sudah tidak terpakai sebagai media pot gantung Anda. 

Barang-barang bekas itu seperti kaleng cat, kaleng susu yang besar, botol softdrinks, ataupun toples yang tidak ada tutupnya. Jika barang-barang itu sudah siap, silakan Anda beri cat warna dan hias sesuka hati, sehingga tampilannya benar-benar menjadi indah. 

TAMAN gantung dari kaca
TAMAN gantung dari kaca (Istimewa)

Penghematan berikut adalah menggunakan kabel-kabel bekas sebagai ganti tali untuk menggantung. Namun, jangan Anda gunakan kabel yang besar atau terlalu tebal, karena akan sulit untuk ditekuk-tekuk.

Dengan menggunakan kabel bekas ini, Anda menghemat dana dengan tidak membeli kawat atau tali baru. Apalagi kabel bekas akan menjadi pengikat yang lentur sekaligus kuat karena di dalamnya sudah teradapat logam.

Terkait dengan tanamannya, taman gantung Anda jangan ditanami tanaman yang berkayu besar dan bercabang, namun yang kecil tetapi lebat dan daun-daunnya panjang. Misalnya saja bunga Anggrek, atau yang lainnya. Selamat mencoba!  (berbagai sumber)

Penulis: Fred Mahatma TIS
Editor: Fred Mahatma TIS
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved