Penerapan Sistem Ganjil Genap, Bahu Jalan Tol Jakarta-Cikampek untuk Angkutan Umum

Bambang mengatakan, melalui kebijakan push ini, sebagian penumpang atau pengendara bisa beralih ke kendaraan umum.

Penerapan Sistem Ganjil Genap, Bahu Jalan Tol Jakarta-Cikampek untuk Angkutan Umum
Warta Kota/Fitriyandi Al Fajri
Pekerja sedang membongkar median jalan di ruas tol Jakarta-Cikampek KM 25, Cibitung, Kabupaten Bekasi pada Sabtu (15/7/2017) siang. 

WARTA KOTA, KOJA - Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Bambang Prihartono mengatakan, bulan ini pihaknya memberlakukan peraturan sistem ganjil genap kendaraan di Tol Jakarta-Cikampek.

Ganjil genap bakal dimulai dari Tol Bekasi Barat, Kota Bekasi, Jawa Barat. Uji coba yang saat ini dilakukan selama seminggu, ungkap Bambang, menggunakan kebijakan 'push'.

"Jajaran BPTJ memang mengambil momen ini, guna memindahkan angkutan penumpang dan barang ke moda transportasi lainnya, melalui kebijakan 'push'," jelas Bambang ketika dikonfirmasi Warta Kota, Selasa (15/8/2017).

Baca: Bulan Ini Sistem Ganji Genap Diterapkan di Tol Jakarta-Cikampek

Bambang mengatakan, melalui kebijakan push ini, sebagian penumpang atau pengendara bisa beralih ke kendaraan umum, baik itu angkutan umum, bus, kereta api, dan lain-lain.

"Dengan kebijakan 'push' tersebut, sebagian penumpang akan diarahkan menggunakan kendaraan umum atau bus dan kereta api. Sementara, untuk angkutan barang bisa pindah ke kereta api dan transportasi laut, yang didukung program tol laut," tuturnya.

Kebijakan push, jelas Bambang, diterapkan dengan penggunaan bahu jalan tol khusus yang diperuntukkan angkutan umum.

"Pengaturan ganjil genap untuk mobil pribadi, dan ada pengaturan waktu perjalanan kendaraan truk, khususnya bagi truk golongan II dan golongan III. Soal penggunaan bahu jalan tol untuk angkutan umum, sudah dilakukan uji coba selama dua minggu," papar Bambang. (*)

Penulis: Panji Baskhara Ramadhan
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved