WartaKota/

Citilink Buka Penerbangan Perdana Ambon-Jakarta

Guna memperkuat posisi Maluku yang dipandang penting di wilayah Nusantara, Citilink Indonesia membuka penerbangan perdana rute Ambon-Jakarta.

Citilink Buka Penerbangan Perdana Ambon-Jakarta
Dok. TribunTravel.com
Ilustrasi 

WARTA KOTA, PALMERAH --- Guna memperkuat posisi Maluku yang dipandang penting di wilayah Nusantara, Citilink Indonesia membuka penerbangan perdana rute Ambon-Jakarta via Makasar dengan nomor penerbangan QG 212, Rabu (16/8/2017).

Dalam tahun 2017 ini, Citilink Indonesia sudah membuka rute-rute baru domestik dan regional. Empat rute baru di kawasan timur Indonesia di tahun ini adalah Jayapura, Kendari, Gorontalo, dan kini Ambon, serta satu rute regional ke Dili, Timor Leste.

"Penerbangan perdana Citilink Indonesia rute Ambon-Jakarta ini diharapkan dapat memperkuat posisi Maluku yang dipandang sangat penting di Nusantara terutama di kawasan Timur Indonesia," ujar Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo di Ambon, Maluku, Selasa (15/8).

Pembukaan rute ke Ambon tersebut merupakan bagian dari strategi bisnis Citilink untuk memperkuat konektivitas Nusantara sehingga kekuatan Citilink tidak saja menyebar di wilayah barat tetapi juga di kota-kota Timur Indonesia. Dengan begitu, bisa memantapkan posisi Citilink sebagai maskapai berbiaya hemat terkemuka di Indonesia.

Juliandra juga optimistis dengan target market untuk penerbangan di Maluku, terutama Ambon, sebesar 20 persen dari kondisi pasar saat ini. Namun tidak tertutup kemungkinan market share ini akan terus meningkat di waktu mendatang.

Selain itu, Citilink Indonesia juga menyasar potensi angkutan kargo unggulan Maluku yang meliputi sektor Perikanan, Perkebunan, Pariwisata, Energi, dan Sumber Daya Mineral.

“Terlebih Maluku di sektor pertanian berupa Pala, Cengkeh dan Kelapa, sedangkan komoditi unggulan untuk sektor perikanan, yaitu rumput laut dan kerapu yang dibudidayakan. Sementara untuk perikanan tangkap, Maluku kaya akan ikan Tuna,” papar Juliandra.

Pariwisata

Penerbangan ini diharapkan juga dapat turut serta berkontribusi dalam pengembangan industri pariwisata Maluku dan meningkatkan jumlah wisatawan yang mendukung target pencapaian kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia pada 2019.

Tak hanya itu, Citilink Indonesia juga sangat senang dan berharap dapat mendukung visi Kota Ambon sebagai Kota Musik Dunia pada tahun 2017 ini dengan adanya pilihan akses transportasi udara dari dan menuju Ambon yang lebih mudah dan terjangkau.

Dalam keterangan tertulis Citilink Indonesia kepada wartakotalive.com, Selasa (15/8/2017), penerbangan dari Jakarta ke Ambon akan berangkat dari Jakarta pada pukul 08.35 WIB dan tiba di Ambon pada pukul 16.35 WIT, setelah sebelumnya transit selama 75 menit di Makassar.

Sebaliknya, penerbangan dari Ambon menuju ke Jakarta via Makassar akan berangkat pukul 18.10 WIT dan akan tiba di Jakarta pukul 21.20 WIB.

Penulis: Fred Mahatma TIS
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help