Waduh, Air Kalimalang Bewarna Hijau Lumut

Air bersih yang dikonsumsi warga Jakarta berasal dari Waduk Jatiluhur, Purwakarta. Jalur aliran air melewati Saluran Tarum Barat hingga Kalimalang.

Waduh, Air Kalimalang Bewarna Hijau Lumut
Rangga Baskoro
Air bersih yang dikonsumsi masyarakat Jakarta berasal dari Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat kondisi sumber air yang pada awalnya bewarna cokelat kini berubah menjadi hijau lumut bahkan cenderung kehitaman. 

Laporan Wartawan, Wartakotalive.com, Rangga Baskoro

WARTA KOTA, DUREN SAWIT -- Air bersih yang dikonsumsi masyarakat Jakarta berasal dari Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat. Jalur aliran air dari Waduk Jatiluhur melewati Saluran Tarum Barat (STB) hingga kemudian sampai di Kalimalang.

Saluran air baku di Kalimalang pengelolaannya di bawah koordinasi Perum Jasa Tirta 2 (PJT2).

Sedangkan operator penyediaan dan pelayanan air minum DKI Jakarta, dikelola oleh PT PAM Lyonnaise Jaya (PALYJA) dan PT Aetra Air Jakarta.

Namun, kondisi sumber air yang pada awalnya bewarna cokelat kini berubah menjadi hijau lumut bahkan cenderung kehitaman.

Baca: Pemilik First Travel Ajukan Penangguhan Penahanan

Berdasarkan pantauan Warta Kota, warna air Kalimalang berubah warna dari titik di daerah Bekasi hingga Cawang.

Di sepanjang Kalimalang pun saat ini sedang dikerjakan dua proyek, yakni pemasangan turap sheet pile serta Jalan Tol Becakayu. Muncul kekhawatiran warga bahwa air Kalimalang diduga tercemar.

Menanggapi perubahan warna air di sepanjang Kalimalang, Astriena Veracia, Manajer Komunikasi PT Aetra Air Jakarta menegaskan bahwa perubahan warna air di Kalimalang normal terjadi karena faktor musim kemarau.

"Warna hijau lumut kehitaman itu sebetulnya karena faktor musim kemarau. Ada rumput di badan kali yang naik ke permukaan. Itu selalu terjadi kalau musim kemarau. Kondisi seperti itu akan berlangsung selama kurang lebih satu minggu," ungkap Veracia saat dikonfirmasi Warta Kota, Senin (14/8/2017).

Halaman
12
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help