WartaKota/
Home »

News

» Jakarta

Lebaran Betawi Kampung Melayu Meriah, Ingin Tahun Depan Lebih Meriah

Lebaran Betawi Kampung Melayu yang digelar lagi di Kebon Pala RW 07 dan RW 08 Tanah Rendah, Kampung Melayu berlangsung meriah.

WARTA KOTA, KAMPUNG MELAYU-- Lebaran Betawi Kampung Melayu kembali digelar di wilayah Kebon Pala RW 07 dan RW 08 Tanah Rendah, Kampung Melayu. Jakarta, Minggu (13/8). Ini adalah kelai kelima Lebaran Betawi digelar di kawasan ini.

Warta Kota mencatat antusiasme warga begitu tinggi menyambut perayaan ini. Ini terlihat dari pernak-pernik hiasan khas Betawi mewarnai tiap sudut gang di RW 07 dan RW 08 Kebon Pala.

Kali ini Lebaran Betawi Kampung Melayu tidak digelar di tempat terbuka, tetapi di sudut-sudut gang. Namun hal itu tak menurunkan antusiasme mereka sebagaimana pelaksanaan Lebaran Betawi di kawasan lain.

Selain menyajikan berbagai kegiatan yang berciri Betawi, warga juga menyediakan aneka kuliner khas Betawi seperti kerak telor, dodol betawi, dan berbagai jenis makanan khas Betawi lainnya.

Wakil Ketua Panitia Gebyar Lebaran Betawi Kampung Melayu, Tamsis B.A menjelaskan, Lebaran Betawi dan berbagai acara yang mewarnai perayaan ini berawal dari ide-ide kreatif para remaja yang ingin membangkitkan kembali budaya Betawi yang kini dinilai meredup.

"Jadi awalnya itu anak-anak muda kumpul-kumpul bikin acara silahturahmi. Terus sekalian mengenalkan ke anak-anak tentang budaya Betawi," kata Tamsis saat ditemui, Minggu (13/8).

Setelah Gebyar Lebaran Betawi Kampung Melayu terbentuk pada 2012 sekaligus menjadi acara pertama Lebaran Betawi, antusiasme warga begitu luar biasa, sehingga acara tersebut pun berlanjut.

"Untuk pendanaannya semua dilakukan secara swadaya. Tapi ada juga beberapa bantuan dari Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur yang turut serta membantu dan mendukung," ucapnya.

Menurut Tamsis, acara Gebyar Lebaran Betawi Kampung Melayu ke-5 kali ini merupakan lebaran betawi yang paling meriah dibanding kegiatan serupa sebelumnya. Banyak artis dan tokoh datang.
karena itu pria ini merasa optimistis acara ini akan berlangsung lebih meriah ke depannya. "Berharap tahun depan bisa lebih luas. Jadi enggak diadakan di sini aja tapi di luar kampung seperti di depan kelurahahan misalnya," katanya.

Tamsis menambahi, mayoritas warga di dua RW tersebut adalah warga Betawi asli. Karena itu warga sekitar terlihat sangat antusias menyambut Lebaran Betawi di kampung mereka.

Halaman
12
Editor: YB Willy Pramudya
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help