WartaKota/

Tips

Bikin Awet Mobil Matik

Kini mobil matik menjadi sebuah kebutuhan bagi para pengguna roda empat di kota-kota besar. Selain mudah dikendarai juga tidak membuat cepat lelah.

Bikin Awet Mobil Matik
Dok. IndonesiAutosBlog
Transmisi otomatis 

WARTA KOTA, PALMERAH -- KINI mobil dengan transmisi otomatis atau yang kerap disebut mobil matik banyak digunakan di jalan-jalan. Orang yang bermobilitas di perkotaan khususnya, mulai menyadari bahwa mobil matik banyak keuntungannya.

Selain memberikan kemudahan, transmisi matik juga nyaman ketika dikendarai di jalan. Terlebih lagi ketika jalanan sedang macet, pengemudi lebih rileks dan tidak mengalami capek berlebih dibanding mobil dengan transmisi manual.

Namun di balik kemudahan yang dimiliki ternyata mobil matik memiliki berbagai kelemahan terhadap mesin jika tidak diperhatikan. Selain itu, soal harga transmisi matik juga lebih mahal dibandingkan manual dalam kondisi baru.

Maka dari itu, jika Anda menggunakan mobil matik, rawatlah secara khusus, agar kondisinya tetap awat dan nyaman saat digunakan. Berikut beberapa saran untuk membuat kendaraan matik Anda tetap awet, yang dikutip dari beberapa sumber:

Uji Jalan

Untuk mengecek kondisi (transmisi atau persneling) matik, Anda bisa melakukannya dengan uji jalan. Rasakan perpindahan persneling saat Anda menjalankannya. Jika Anda merasakan getaran dan suara ketika persneling sedang berpindah, kemungkinan besar mobil matik Anda mengalami masalah pada bagian transmisi. Transmisi pada mobil matik sangat berperan penting dan merupakan bagian vital. Maka, servislah secara berkala sesuai petunjuk diler resmi.

Perawatan rutin
Perawatan rutin (Istimewa)

Rajin Cek Oli

Meskipun poin yang satu ini terlihat sederhana, tetapi mengecek oli perlu diperhatikan. Terlebih bagi Anda yang sering bepergian ke luar kota sebaiknya selalu mengecek oli pada mobil matik Anda. Jika saja Anda membiarkan oli pada mobil kurang, maka dapat mempengaruhi kinerja transmisi dan dapat menimbulkan risiko kerusakan pada mobil matik Anda. Untuk itu gantilah oli mobil khusus untuk matic dengan nama automatic transmission fluid. Pada umumnya pergantian oli berdasarkan dengan laju mobil sekitar jarak 20 ribuan kilometer.   

Panaskan Mobil Tiap Hari

Memanaskan mesin mobil sangat penting untuk dilakukan. Selain berguna untuk mesin, memanaskan mobil juga bermanfaat untuk aki mobil. Secara umum aki mobil tipe basah perlu dihidupkan setiap harinya agar tidak mogok, sedangkan untuk aki tipe kering lebih mudah dalam perawatan namun tetap dihidupkan. Memanaskan mesin mobil dapat dilakukan di pagi hari dengan kondisi persneling mobil berada di posisi N.

Gunakan Posisi Persneling yang Sesuai

Pada saat menjalankan mobil matik, Anda jangan sembarangan. Maksudnya, jangan gunakan persneling posisi P jika mobil belum benar-benar berhenti agar bisa berhenti dalam kondisi aman. Selain itu hindari persneling pada posisi N ketika mobil sedang di parkir, tapi sebaiknya pindahkan transmisi pada posisi P ketika parkir. Jadi, menerapkan posisi persneling pada situasi yang tepat, akan membuat awet kondisi transmisi mobil matik Anda.

Demikian beberapa tips sederhana agar mobil matik Anda awet. Yang pasti, perawatan rutin secara berkala di bengkel resmi akan membantu menjaga keawetan mobil matik Anda. 

Penulis: Fred Mahatma TIS
Editor: Fred Mahatma TIS
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help