WartaKota/
Home »

News

» Jakarta

Megawati Mengingat Seluruh Karya Lukisan yang Dipamerkan di Senandung Ibu Pertiwi

Seluk beluk Istana Kepresidenan pun diketahuinya sedari ia kecil, sejak zaman Presiden Soekarno.

Megawati Mengingat Seluruh Karya Lukisan yang Dipamerkan di Senandung Ibu Pertiwi
Warta Kota/Rangga Baskoro
Megawati Soekarnoputri 

WARTA KOTA, GAMBIR -- Mantan Presiden Republik ke-5, Megawati Soekarnoputri mengingat seluruh karya lukisan yang terpampang di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat.

Sebanyak 48 lukisan yang sebelumnya dipasang di Istana Bogor dipamerkan dalam acara bertajuk 'Senandung Ibu Pertiwi'.

Ingatannya melekat tak hanya saat ia menduduki kursi Kepresidenan.

Seluk beluk Istana Kepresidenan pun diketahuinya sedari ia kecil, sejak zaman Mantan Presiden Soekarno.

"Tentu, ini semua saya ingat. Makanya saya tadi bilang, saya berkomentar bahwa saya dari artinya sudah tahu, berpikir sehingga bisa menikmati keindahan. Artinya dari kecil saya tahu itu sudah tergantung," kata Megawati di Galeri Nasional, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (10/8/2017).

Sang ayahanda pun juga sempat bercerita mengenai semua koleksi lukisan. Para maestro pelukis seperti Basoeki Abdullah dikatakannya juga merupakan pejuang kemerdekaan RI.

"Seperti Basoeki Abdullah, itu kan saya kenal. Saya punya lukisan saya waktu kecil, dibikin juga, oleh saya manggilnya Om Bas. Kalau saya dengar cerita beliau (Soekarno), pelukis-pelukis ini banyak yang pejuang. Untuk mengumpulkan dalam pertemuan-pertemuan, untuk mencari strategi menuju kemerdekaan. Karena kalau dilihat kan ada juga yang tahunnya sudah terkumpul sebelum kemerdekaan," ujarnya.

Ia mengharapkan agar generasi pemuda harus bisa belajar tentang kekayaan budaya di Indonesia melalui seni rupa. Menikmati sebuah karya seni, sambung Megawati diperlukan 'roso'.

"Roso itu sangat sulit sekali. Kalau ditanya secara pikiran, itu sulit (diartikan). Tapi bisa diterjemahkan kalau orang yang ngerti 'roso' itu. Sehingga itu (jadi) bagian sebuah kehidupan berperadaban," kata Megawati. (Rangga Baskoro)

Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help