WartaKota/
Home »

Seleb

» Musik

FLASHMOB TARI TRADISIONAL : Salah Satu Upaya Jadikan Jakarta Kota Yang Berbudaya dan Berkesenian

Tarian Masal ini dilakukan untuk melestarikan kebudayaan dan kesenian tradisional Indonesia yang hampir punah tergerus budaya asing

FLASHMOB TARI TRADISIONAL : Salah Satu Upaya Jadikan Jakarta Kota Yang Berbudaya dan Berkesenian
wartakota/nur ichsan

WARTA KOTA, SENAYAN --- Sebanyak 2000 penari melakukan flashmob tari tradisional Indonesia yang merupakan rangkaian acara peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 72 di Jalan Sudirman, Senayan, Jakarta Pusat, yang diadakan oleh Yayasan Belantara Budaya Indonesia,ppimpinan Diah Kusumawardhani Wijayanti,  Minggu (14/8).

20170813 menari masal1
20170813 menari masal1 (wartakota/nur ichsan)

Acara yang diikuti berbagai elemen masyarakat yang mengambil tema Tujukkan Indoneiamu ini dalam rangka menumbuhkan cinta gerakan budaya dan meneguhkan persatuan dan kesatuan Indonesia.

"Ayomari kita rayakan peringatan Hari Kemerdekaan sambil kita dengan melestarikan kebudayaan yang kita miliki, hari ini kita akan mellakukan flashmob,  menarimasal sejumlah tarian tradisional daerah, kalau bukan kita siapa lagi", kata Ketua yayasan Belantara Budaya, Diah K Wijayanti.

20170813 menari masal3
20170813 menari masal3 (wartakota/nur ichsan)

Rangkaian acara ini dilanjutkan dengan berbagai pertunjukan kesenian daerah dan talkshow  bertema Indonesia Is Me, pada 15-20 di Grand atrium Mal Kota Kasablanka. Semua tema akan mengetengahkan budaya kekayaan budaya dan potensi Indonesia.

Sementara itu Kabid Kebudayaan DKI Jakarta, Supriyatin,mengatakan bahwa Indonesia mempunyai potensi budaya yang besar yang perlu dijaga kelestariannya, pihaknya yang mewakili pemerintah akan memfasilitasi mereka tempat yang layak untuk belajar kesenian di 5 wilayah DKI Jakart.,

20170813 menari masal4
20170813 menari masal4 (wartakota/nur ichsan)

Serta akan memberikan dana yang diambil dari APBD karena memang sudah ada aturan Perda yang mengaturnya yaitu yang mengatyu tentang pelestarian Kebudayaan Betawi dan bantuan ini tidak hanya diberikan kepada pelestarian budaya Betawi saja tetapi juga budaya daerah lainnya yang berkembang di Jakarta" ucap Supriyatin.

Ditambahkannya, Pemda DKI Jakarta punya aturan terhadap industri pariwisata yang juga harus ikut membantu  melestarikan kebudayaan Betawi dengan memberi kesempatan kepada para seniman untuk mengisi acara hiburan di sana dan kita ingin menjadikan Jakarta itu sebagai kota yang berkesenian dan berbudaya", pungkasnya.

Penulis: Nur Ichsan
Editor: m nur ichsan arief
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help