WartaKota/

Jokowi Kesulitan Cari Lahan di Jawa untuk Dijadikan Bank Tanah

Melalui bank tanah, pengembang properti bisa mendapatkan wilayah untuk membangun perumahan.

Jokowi Kesulitan Cari Lahan di Jawa untuk Dijadikan Bank Tanah
TRIBUNNEWS/ADIATMAPUTRA FAJAR PRTAMA
Presiden Joko Widodo di Indonesia Property Expo 2017. 

WARTA KOTA, SENAYAN - Pemerintah sedang mencari lahan baru untuk dijadikan bank tanah (land bank). Melalui bank tanah, pengembang properti bisa mendapatkan wilayah untuk membangun perumahan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku kesulitan mencari bank tanah di Pulau Jawa. Alasan utamanya, karena harga yang mahal dibandingkan pulau lainnya.

"Ya kalau kita melihat di Jawa sudah sulit. Pertama harganya sangat mahal, yang kedua di mana lokasinya," ujar Jokowi di Indonesia Property Expo 2017, Jakarta, Jumat (11/8/2017).

Baca: Djarot: Harus Diakui Pembangunan Simpang Susun Semanggi Berkat Keberanian Ahok

Mantan Wali Kota Solo itu pun sudah meminta Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofjan Djalil bersama Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK) Siti Nurbaya, untuk mencarikan bank tanah di luar Pulau Jawa.

"Kalau di luar Jawa, saya sudah perintah Menteri BPN, Menteri LHK untuk mulai melihat," ungkap Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menambahkan, bank tanah sangat diperlukan, untuk menambah lahan membangun rumah. Hal ini mengingat backlog (kekurangan rumah) masyarakat Indonesia mencapai 11,5 juta.

"Mencari agar nantinya bisa kita dapatkan lahan yang dipakai untuk land bank masa depan. Bank tanah akan datang," kata Jokowi. (*)

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help