WartaKota/
Home »

News

» Jakarta

Air Mancur Pesona Monas Kembali Menari, Warga Diminta Ikut Menjaga

Air Mancur Pesona Monumen Nasional kembali "menari-nari" setelah Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat meresmikannya pada Sabtu (12/8/2017)

Air Mancur Pesona Monas Kembali Menari, Warga Diminta Ikut Menjaga
Rangga Baskoro
Air Mancur Pesona Monas yang airnya bewarna-warni dan bisa menari-nari ini diresmikan kembali oleh Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, setelah pekerjaan perbaikan selesai dilakukan. Meburut Djarot air mancur ini kini disebut Monas Jakarta Fountain. 

WARTA KOTA, MATRAMAN -- Air Mancur Pesona Monumen Nasional (Monas) kembali beroperasi menyusul peresmiannya oleh Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat pada Sabtu (12/8/2017) malam setelah perbaikan selesai dilakukan.

"Perbaikan Air Mancur Pesona Monas atau sekarang disebut Monas Jakarta Fountain ini tidak menggunakan dana APBD, tetapi dilakukan secara gotong royong oleh petugas mechanical electrical UPK Monas," kata Djarot dalam sambutannya, Sabtu.

Air Mancur Pesona Monas diresmikan pertama kali pada tahun 2005. Namun sebenarnya ia telah dibangun pada masa kepimpinan Gubernur Ali Sadikin tahun 1974.

Pada tahun 2007 air mancur ini berhenti beroperasi. Setelah lama tak beroperasi itu, kata Djarot, dilakukanlah pengurasan kolam untuk mengurangi sarang nyamuk.

Namun selain pengurasan, Pemprov DKI juga melakukan pembersihan pompa sebagai upaya penyelamatan aset.

Penyalaan pompa pun berlanjut menjadi upaya penyalaan kembali air mancur ini pada masa Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Sebelumnya Djarot mengatakan, renovasi tidak menggunakan dana APBD melainkan sumbangan sejumlah pihak, termasuk uang pribadi Ahok.

"Dana perbaikannya dari kantong pribadi sejumlah orang, total Rp 400 juta. Pak Ahok menyumbang setengahnya, sekitar Rp 200 juta," kata Djarot di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (26/7/2017).

Sebanyak Rp 200 juta sisanya disumbang oleh orang lain seperti Kepala Kantor Pengelola Kawasan Monas Sabdo Kristianto, dan komposer terkenal Addie MS.

Sesuai janjinya Air Mancur Pesona Monas kembali dioperasikan pada 12 Agustus 2017, berbarengan dengan pembukaan tempat penyimpanan Bendera Pusaka Merah Putih yang juga baru selesai direnovasi.

Kini, masyarakat yang berkunjung ke Monas dapat menyaksikan air mancur menari yang ditingkahi warna-warna indah serta iringan lagu-lagu baik nasional, daerah maupun lagu lain pada hari Sabtu dan Minggu pukul 19.30 WIB dan 20.30 WIB.

Dalam sambutannya, Djarot berpesan agar para pengunjung menjaga kebersihan dan kenyamanan tempat rekreasi Monas.

Editor: YB Willy Pramudya
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help