WartaKota/
Home »

Depok

Pendiri IMJ Raih Anugerah Pelopor Pemberdayaan Masyarakat 2017 dari Pemprov Jabar

Penyerahan rencananya dilakukan langsung oleh Gubernur Jawa Barat dan dihadiri seluruh kepala daerah di Jawa Barat.

Pendiri IMJ Raih Anugerah Pelopor Pemberdayaan Masyarakat 2017 dari Pemprov Jabar
Istimewa
Andi Akmal Sera Malewa, salah seorang pendiri Institut Musik Jalanan (IMJ), sebuah komunitas pengamen jalanan yang bermarkas di Kota Depok. 

WARTA KOTA, DEPOK -- Penerima Anugerah Pelopor Pemberdayaan Masyarakat (APPM) dari Pemprov Jawa Barat pada 2017 kali ini, dipastikan akan diraih salah satunya oleh seorang warga Kota Depok.

Ia adalah Andi Akmal Sera Malewa, pemuda asal Makassar berusia 35 tahun.

Pria yang lebih dikenal dengan panggilan Andi Malewa ini adalah salah seorang pendiri Institut Musik Jalanan (IMJ), sebuah komunitas pengamen jalanan yang bermarkas di Kota Depok.

Andi Akmal Sera Malewa, Pendiri IMJ serta penggagas program Supercard atau kartu bebas ngamen saat bersama Mendikbud Muhadjir Effendi.
Andi Akmal Sera Malewa, Pendiri IMJ serta penggagas program Supercard atau kartu bebas ngamen saat bersama Mendikbud Muhadjir Effendi. (Istimewa)

IMJ yang dibentuk Andi, adalah wadah bagi para musisi jalanan untuk dapat berkarya dan berekspresi lewat musik, sekaligus ajang pembinaan bagi musisi jalanan dengan cara elegan dan profesional.

IMJ didirikan Andi tahun 2013 sebagai bentuk pencarian solusi atas maraknya Perda larangan mengamen atau yang berdasarkan ketertiban umum, di sejumlah daerah dan kota di Indonesia.

Sebab Perda tersebut dianggap mengamputasi dan membatasi para pengamen jalanan untuk dapat berekspresi.

Bahkan dengan IMJ nya, Andi melahirkan gagasan Kartu Bebas Ngamen atau Support Performer Card (Supercard) yang kini menjadi program berkelanjutan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk pengamen jalanan di Jabodetabek, yang menekankan pada pembinaan dan penempatan tempat berekspresi yang layak bagi musisi jalanan.

Supercard juga menjadi salah satu program Pemkot Depok dalam membina musisi jalanan di Depok.

Karena konsistensinya lewat IMJ inilah, Andi akhirnya dinobatkan menjadi satu dari tiga peraih Anugerah Pelopor Pemberdayaan Masyarakat (APPM) dari Pemprov Jawa Barat pada 2017 ini.

Andi Akmal Sera Malewa, salah seorang pendiri Institut Musik Jalanan (IMJ), sebuah komunitas pengamen jalanan yang bermarkas di Kota Depok.
Andi Akmal Sera Malewa, salah seorang pendiri Institut Musik Jalanan (IMJ), sebuah komunitas pengamen jalanan yang bermarkas di Kota Depok. (Istimewa)

Andi meraih APPM 2017 dari Pemprov Jawa Barat, di bidang seni budaya dan pariwisata.

Halaman
12
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help