WartaKota/
Home »

Depok

Pipa Air Bersih di Jembatan Panus Depok Diminta Dibongkar

Sebab menurut info dari PDAM Tirta Assasta, pila ledeng tua itu sudah tidak berfungsi lagi. Jadi sebaiknya dibuang atau dilepas saja

Pipa Air Bersih di Jembatan Panus Depok Diminta Dibongkar
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Pipa ledeng tua di sepanjang Jembatan Panus, Depok, yang kerap menjadi tempat sampah menyangkut, Kamis (10/8/2017) 

WARTA KOTA, DEPOK - Pipa air bersih tua di sepanjang Jembatan Panus di Jalan Tole Iskandar, Sukmajaya, Kota Depok, diminta oleh sejumlah pihak dan warga masyarakat agar dibongkar atau dilepas saja oleh pihak terkait.

Sebab keberadaan pipa berdiameter sekitar satu meter sepanjang 100 meter, beserta konstruksi penyangganya tersebut, menjadi tempat menyangkutnya sampah, baik yang dibuang pihak tak bertanggung jawab dari jembatan atau sampah yang terbawa arus Kali Ciliwung.

Hal itu dikatakan Ferdy Jonathans selaku Pengurus Bidang Aset dan Sejarah Yayasan Lembaga Cornelis Chastelein (YLCC) Kota Depok, kepada wartawan, Kamis (10/8/217).

"Sebab menurut info dari PDAM Tirta Assasta, pila ledeng tua itu sudah tidak berfungsi lagi. Jadi sebaiknya dibuang atau dilepas saja, dari pada jadi tempat menyangkut sampah yang dibuang orang tak bertanggung jawab atau sampah dari kali," kata Ferdy.

Bahkan katanya sampah dapat mengancam keselamatan warga yang beraktifitas di bawahnya, seperti pemancing ikan atau warga lainnya. Selain itu sampah di pipa air bersih, menjadi sulit dibersihkan oleh para pemerhati lingkungan dan pecinta asset sejarah yang rutin membersihkan sampah di sana.

"Sementara konstruksi tiang penyangga pipa juga jadi tempat menyangkut sampah dari hulu aliran kali. Jadi memang sudah sebaiknya dibongkar saja seluruh pipa dan konstruksi penyangganya itu," kata Ferdy.

Di luar itu, Ferdy mengecam sejumlah masyarakat yang juga tetap tidak sadar dan tetap membuang sampah ke kali.

"Para pembuang sampah sembarangan itu memang harus diberi peringatan keras dan diberi efek jera," katanya.

Ke depan ia berharap tim Satgas Kebersihan Kota Depok berjaga di sekitar lokasi dan menangkap tangan para pembuang sampah ke kali untuk diajukan ke meja hijau, seperti yang sudah dilakukan di beberapa titik di Depok.

Sehingga nantinya tidak ada lagi siapapun yang berani membuang sampah di sekitar Jembatan Panus. Apalagi jembatan tua itu merupakan salah satu asset penting bagi perjalanan sejarah Kota Depok.

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help