WartaKota/

Keberadaan Koperasi di Tangerang Harus Berperan dalam Mengentaskan Kemiskinan

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah berharap keberadaan koperasi bisa memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat Kota Tangerang.

Keberadaan Koperasi di Tangerang Harus Berperan dalam Mengentaskan Kemiskinan
Warta Kota/Andika Panduwinata
Wali Kota Tangerang Arief R saat pembukaan Peringatan Hari Koperasi Nasional ke- 70 tingkat Provinsi Banten yang dilaksanakan di Depan Kantor Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, pada Rabu (9/8/2017). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Andika Panduwinata

WARTA KOTA, TANGERANG - Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah berharap keberadaan koperasi bisa memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat Kota Tangerang.

"Koperasi ini sangat berperan dalam mengentaskan kemiskinan dan juga menyejahterakan masyarakat," ujar Arief saat pembukaan Peringatan Hari Koperasi Nasional ke- 70 tingkat Provinsi Banten yang dilaksanakan di Depan Kantor Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, pada Rabu (9/8/2017).

Ia menambahkan pihaknya akan mendorong agar Koperasi bisa mengembangkan diri. Menjadi koperasi unit usaha sehingga bisa menguatkan keberadaan UMKM di Kota Tangerang.

"Di Kota Tangerang ada sekitar 800 unit koperasi dan ke depan kita dorong 2/3- nya bisa berkembang menjadi koperasi unit usaha," ucapnya.

Menurut Arief dalam rangka merangsang pertumbuhan jajarannya sedang mengkaji untuk membentuk koperasi di setiap Kelurahan bahkan RT dan RW.

"Kami di setiap OPD juga akan bentuk adanya koperasi, namun bukan hanya persoalan kualitas yang kita kejar tapi lebih ke kualitas sehingga koperasi benar-benar bisa menjadi tumpuan ekonomi berbasis kerakyatan di Kota Tangerang," kata Arief.

Dalam kesempatan tersebut Wali Kota juga berjanji untuk meningkatkan penetrasi pasar bagi UMKM yang dikelola dari koperasi, melalui penerapan teknologi informasi yang memang telah lama menjadi platform Pemkot Tangerang untuk meningkatkan pelayanan publik.

"Tadi kalau kita lihat produknya sudah bagus-bagus, kami dorong pasar mereka untuk masuk ke pasar online, sehingga pemasarannya bisa lebih mengglobal," ungkapnya.

Sementara, itu Ratu Tatu Hasanah selaku ketua Dewan Koperasi Wilayah Banten menyampaikan bahwa saat ini pihaknya akan terus mendorong koperasi di Banten untuk bisa lebih aktif. Mengingat dari 5900-an koperasi yang ada di Banten, hanya setengahnya yang aktif.

"Secara umum perkembangan koperasi di Banten sudah bagus, cuman kita juga lagi mendorong agar para pelaku UMKM yang bisa bergabung membentuk koperasi. Karena bila koperasi dikelola secara baik dan profesional bisa menjadi solusi persoalan pengangguran dan ujungnya untuk kesejahteraan masyarakat," papar Tatu. (*)

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help