Home »

News

» Jakarta

Izin Kapal Dipercepat

Pengurusan dokumen perkapalan dipercepat. Sudin KPKP Jakarta Utara menargetkan bisa melayani 1.000 kapal.

Izin Kapal Dipercepat
Warta Kota/Andika Panduwinata
Sejumlah kapal nelayan dan warga saat mengikuti acara Pesta Nelayan, Mingghu (30/10). 

WARTA KOTA, TANJUNG PRIOK-Kepala Suku Dinas (Kasudin) Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Rita Nirmala mengatakan, dengan sistem perizinan terintegrasi dan pelayanan dokumen kapal penangkap ikan kecil pihaknya menargetkan dapat melayani 1.060 kapal per bulan.

"Target pelayanan bisa mencapai 1.060 kapal bahkan bisa lebih. Semuanya (nelayan), harus punya dokumen serta petugas akan mengukur yang kemudian meneliti berkas administrasi yang akan diajukan untuk diproses lebih lanjut. Dulu, bisa berbulan-bulan megurus dokumen-dokumen kapal. Namun melalui sistem ini pun hanya membutuhkan waktu 1-2 minggu. Nanti, dokumen perizinan kapal akan diterbitkannya melalui PTSP," papar Rita, Jumat (4/8/2017).

Ia mengatakan kembali, Sudin KPKP Jakarta Utara itu hanya sebagian dari sistem terhadap pelayanan tersebut.

Nantinya, Sudin KPKP pun akan mencoba mengkordinasikan dengan dua institusi yang terlibat di penerbitan dokumen, yaitu Kantor Pelayanan Pajak dan PTSP.

"Saya ingin pelayanan seperti ini tetap berjalan karena membantu nelayan guna mempercepat kepengurusan dokumen kapal penangkap ikan skala kecil," jelasnya.

Penulis: Panji Baskhara Ramadhan
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help