VIDEO: Ratusan Pelaku Kejahatan Siber Dipulangkan ke Cina

Kaos oranye untuk pelaku yang ditangkap di Jakarta, merah muda pelaku yang ditangkap di Bali dan kaos biru untuk pelaku yang ditangkap di Surabaya.

WARTA KOTA, JAKARTA- Sebanyak 143 warga negara asing, sindikat kejahatan siber asal Tiongkok dan Taiwan hari ini (3/8) akan dipulangkan ke negaranya masing-masing.

Rencananya mereka akan diterbangkan melalui Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Sebelum dipulangkan, ke-143 WNA itu dikumpulkan terlebih dahulu di Polda Metro Jaya untuk diatur keberangkatannya.

Mereka dipisahkan berdasarkan lokasi penangkapan. Ada tiga warna kaos yang masing-masing mewakili lokasi penangkapan. Kaos oranye untuk pelaku yang ditangkap di Jakarta, merah muda pelaku yang ditangkap di Bali dan kaos biru untuk pelaku yang ditangkap di Surabaya.

Selain menggunakan kaos, mereka juga diminta mengenakan pita yang diikat di lengan kiri sebagai penanda lainnya. Sebelumnya, tim gabungan Bareskrim Polri dan Polda Metro Jaya mengungkap kejahatan penipuan melalui telepon. Modusnya, pelaku memanfaatkan data-data nasabah bank di Tiongkok dan Taiwan.

Sindikat itu lalu memeras korbannya yang merupakan pejabat di Tiongkok dan Taiwan dengan menyamar sebagai penegak hukum di negara itu.

Editor: Ahmad Sabran
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved