Masih Banyak Pemotor Manfaatkan Trotoar di Jalan Yos Sudarso

Minggir dong, jalan kaki jangan di sini. Macet nih Mbak!" teriak pemotor ke pejalan kali yang melintas di trotoar.

Masih Banyak Pemotor Manfaatkan Trotoar di Jalan Yos Sudarso
Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan
Tak sedikit pemotor yang melintas di trotoar di Jalan Yos Sudarso. Beberapa pemotor bahkan terlihat arogan, ketika ada pejalan kali berjalan di trotoar tersebut. 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Panji Baskhara Ramadhan

WARTA KOTA, TANJUNG PRIOK -- Trotoar, masih jadi jalur alternatif bagi para pemotor untuk hindari kemacetan. Salah satu contoh yakni di Jalan Yos Sudarso mengarah ke Pelabuhan Tanjung Priok, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Kamis (3/8/2017).

Pantauan Warta Kota, Jalan Yos Sudarso arah Pelabuhan Tanjung Priok sejak pagi hingga di siang ini masih dilanda kemacetan panjang. Di sepanjang jalan itu. Kemacetan pun mencapai 3-4 kilometer.

Pemotor memanfaatkan trotoar di Jalan Yos Sudarso.
Pemotor memanfaatkan trotoar di Jalan Yos Sudarso. (Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan)

Pengendara motor dan mobil pun tidak dapat melajukan kendaraannya. Kondisi ini, menjadi hal yang menyebalkan bagi pengendara motor. Sehingga, trotoar pun menjadi jalur alternatif para pemotor, untuk terbebas dari kemacetan.

Tak sedikit pemotor yang melintas di trotoar di Jalan Yos Sudarso. Beberapa pemotor bahkan terlihat arogan, ketika ada pejalan kali berjalan di trotoar tersebut.

"Minggir dong, jalan kaki jangan di sini. Macet nih Mbak!" teriak pemotor ke pejalan kali yang melintas di trotoar.

Menurut informasi yang telah dihimpun, macet di Jalan Yos Sudarso dikarenakan pintu utama di Pelabuhan Jakarta Internasional Container Terminal (JICT) ditutup, sehingga truk pun kini harus mengarah ke Pelabuhan Kalibaru. Tidak hanya itu, ditutupnya pintu utama JICT karena volume export yang banyak, serta pemindahan kapal pengangkut kontainer dari Pelabuhan JICT ke Pelabuhan Kalibaru.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Jakarta Utara, Husein Murad menyayangkan sikap pemotor yang melintas di trotoar, hanya untuk terhindar dari kemacetan.

"Ya memang Jalan Yos Sudarso dilanda macet cukup parah namun saya enggak tahu ya soal penyebab kemacetan itu. Cuma, saya ini hanya menyayangkan sikap pengendara motor yang masih belum paham betul kegunaan trotoar di jalan itu untuk apa. Ya untuk pejalan kaki. Jika macet jalanan, ya tunggu saja atau cari lah ya alternatif lain. Jangan ganggu pejalan kakinya. Toh trotoar buat pejalan kaki kok," paparnya di Taman Bersih Manusiawi dan Berwibawa atau BMW, Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok.

Pemotor saat melintas di trotoar di Jalan Yos Sudarso.
Pemotor saat melintas di trotoar di Jalan Yos Sudarso. (Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan)

Ia mengatakan, pemotor-pemotor itu, memang sudah seharusnya ditindak tegas oleh pihak kepolisian setempat.

"Soal bulan penertiban trotoar ini, kami bahkan bersinergi dengan kepolisian. Silahkan tindak tegas saja pemotor seperti itu. Warga bahkan berhak menegur pemotor tersebut. Sebab, itu (trotoar) haknya pejalan kaki. Bukan pemotor," jelasnya. (*)

Penulis: Panji Baskhara Ramadhan
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help