WartaKota/

Lukisan Berusia 125 Tahun Sita Perhatian

Satu-satunya lukisan yang diterangi lampu LED ini aslinya ternyata sudah berusia 125 tahun.

Lukisan Berusia 125 Tahun Sita Perhatian
KOMPAS.COM/LISA VIRANDA
Mengangkat tema Senandung Ibu Pertiwi, pameran lukisan koleksi Istana Negara kembali digelar pada 2 - 30 Agustus 2017 di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta. 

WARTA KOTA, PALMERAH-Pameran koleksi lukisan Istana Negara tengah berlangsung di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, tepatnya pada 2-30 Agustus 2017.

Ketika memasuki gedung pameran, Anda akan disuguhi dengan satu-satunya lukisan yang menggunakan LED sebagai medium.

"Karya pelukis terkenal abad ke-19, Konstantin Egorovick Makovsky ini menceritakan tentang monumental perkawinan adat Rusia," ujar Asikin Hasan, salah satu kurator dalam pameran "Senandung Ibu Pertiwi" saat dijumpai KompasTravel di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, Selasa (01/08/2017).

Telah berusia 125 tahun, lukisan ini merupakan hadiah dari rakyat Rusia melalui pemimpin Uni Republik-republik Sosialis Soviet, Nikita Khrushchev, kepada Indonesia.

Jika ingin melihat wujud aslinya, Anda bisa berkunjung ke Istana Bogor.

Latar belakang ditampilkannya lukisan ini menggunakan medium LED adalah lantaran lukisan aslinya yang berumur ratusan tahun telah mengalami konservasi pada tahun 2004 sehingga kondisinya cukup rentan.

Selain itu, ukurannya juga sangat besar yaitu 295 x 450 cm sehingga tidak memungkinkan untuk dipindah ke Galeri Nasional Indonesia. 

"Selain menutupi keterbatasan yang ada, hadirnya lukisan dengan medium LED sebagai media baru dalam seni rupa ini sekaligus bertujuan untuk mengenalkan kepada publik bahwa medium masa kini sudah macam-macam jenisnya," tutup Asikin.

Dikutip dari Kompas.com dengan judul 'Gunakan-led-sebagai-medium-lukisan-ini-sita-perhatian-pengunjung'

Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help