Arus Lalin Jalan Raya Pelabuhan Macet Total, Ini Penyebabnya

Kemacetan arus lalu lintas tak hanya terjadi di Jalan Yos Sudarso, Tanjung Priok ke arah wilayah Kelapa Gading, Jakarta Utara atau sebaliknya.

Arus Lalin Jalan Raya Pelabuhan Macet Total, Ini Penyebabnya
Warta Kota/ Panji Baskhara Ramadhan
Kemacetan arus lalu lintas tak hanya terjadi di Jalan Yos Sudarso, Tanjung Priok ke arah wilayah Kelapa Gading, Jakarta Utara atau sebaliknya, tapi juga terjadi di ruas Jalan Raya Pelabuhan, Cilincing, Jakarta Utara. 

Laporan Wartawan Warta Kota Panji Baskhara Ramadhan

WARTA KOTA, KOJA - Kemacetan arus lalu lintas  tak hanya terjadi di Jalan Yos Sudarso, Tanjung Priok ke arah wilayah Kelapa Gading, Jakarta Utara atau sebaliknya.

Namun, terkait kemacetan pun juga terjadi di ruas Jalan Raya Pelabuhan, Cilincing, Jakarta Utara.

Hal itu pun terjadi diakibatkan adanya penutupan gerbang masuk utama Pelabuhan Jakarta International Container Terminal (JICT).

Pantauan Warta Kota, sejumlah truk kontainer yang melintas di Jalan Yos Sudarso mengarah ke JICT, terpaksa harus melintas di Jalan Raya Pelabuhan.

Diketahui, pintu utama JICT kali ini tak beroperasional, sehingga truk kontainer di jalan harus masuk dari Kawasan Pelabuhan Kalibaru guna ekspor-impor barang.

Suasana di lokasi pun padat dan stak tak bisa berjalan.

Banyak pengendara bingung lantaran kemacetan tersebut, diketahui terjadi saat pagi hari hingga siang ini.

"Pintu Utama JICT ditutup Pak. Semua truk itu, dialihkan ke Pelabuhan Kalibaru Cilincing. Nah, berhubung gerbangnya kecil, pelabuhannya itu juga kecil, jadi mau gak mau ngantre mengular begini. Hampir tiga jam," ungkap Sumarno (38), sopir truk kontainer pada Kamis (3/8/2017)

Ia menjelaskan, tak hanya dialihkan ke wilayah Pelabuhan Kalibaru, kapal pengangkut barang kiriman kontainer juga dialihkan ke Pelabuhan Kalibaru.

Akan tetapi dirinya belum tahu terkait penyebab utama penutupan pintu utama JICT tersebut.

"Wah enggak tahu saya. Sepengatuhan saya di JICT lagi sering demo buruhnya mas. Maka itu mungkin saja pintu utama JICT-nya itu ditutup," kata Sumarno.

Pengendara truk kontainer lainnya, Wicaksono (30) mengakui tidak tahu menahu terkait pintu utama JICT ditutup.

Tetapi, ia menyanyangkan lantaran pengiriman barang ke Pelabuhan jadi telat.

"Saya dari jam 10.00 WIB, sampai jam 13.00 WIB juga baru sampai depan gerbang. Bisa ini saya sampai masuk dalam pelabuhan Kalibaru jam 15.00 WIB. Ngantre soalnya. Pintu JICT itu ditutup, makanya dialihkan semua kontainer di Pelabuhan Kalibaru. Kapal pengangkut barang juga dialihkan ke Pelabuhan Kalibaru dari JICT katanya. Mungkin ini karena ada demo buruh di JICT pak. Dari kemarin itu demo terus, tidak menguntungkan tapi merugikan banyak orang pak," katanya.

Penulis: Panji Baskhara Ramadhan
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved