WartaKota/
Home »

News

» Jakarta

Ratusan WNA Pelaku Kejahatan Ciber Bakal Dideportasi

Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, pihaknya telah mengirim surat kepada pihak imigrasi untuk melakukan deportasi ratusan WNA tersebut

Ratusan WNA Pelaku Kejahatan Ciber Bakal Dideportasi
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Sejumlah tersangka sindikat WNA pelaku cyber fraud (penipuan siber) dihadirkan saat jumpa pers di Mapolda Metro Jaya, Senin (31/7/2017). 

WARTA KOTA, KEBAYORAN BARU -- Penyelidikan terkait kejahatan ciber yang dilakukan oleh ratusan Warga Negara Asing (WNA) asal Tiongkok masih didalami Polri dibantu Kepolisian Tiongkok.

Seluruh WNA pun akan dideportasi untuk mempercepat penyelidikan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, pihaknya telah mengirim surat kepada pihak imigrasi untuk melakukan deportasi ratusan WNA tersebut.

Bersamaan, seluruh WNA tersebut masih berada di ruang tahanan Polda Metro sambil menunggu keputusan Imigrasi.

"Kita akan berkoordinasi berkaitan dengan orang asing ini, nanti biar segera setelah kita lakukan identifikasi setelah selesai, kita juga koordinasi dengan polisi Tiongkok ya, kita akan serahkan ke imigrasi," kata Argo kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Selasa (1/7).

Argo menjelaskan, dalam kasus ini Polda Metro Jaya terus melakukan koordinasi dengan kepolisian Tiongkok.

Argo berharap, koordinasi yang telah dibentuk ini bisa terus berjalan hingga bisa mengungkap kejahatan internasional lainnya yang berada di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

"Kita sudah lakukan beberapa kali menangkap juga dari kejahatan itu, jadi dari polisi Tiongkok di sana sangat atensi untuk koordinasi dengan Indonesia," jelas Argo.

Diketahui sebelumnya, Direktur Tindak Pidana Siber Polri Brigadir Jenderal Fadil Imran menyampaikan, pihaknya berhasil mengamankan ratusan warga asal Tiongkok yang direkrut untuk melaksanakan aksi kejahatan siber di sejumlah kota, yakni Jakarta, Surabaya dan Bali. 

Dalam operasi di Jakarta, petugas gabungan menangkap 27 Warga Negara Tiongkok yang diduga sindikat kejahatan siber internasional di Jalan Sekolah Duta Pondok Indah Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Sabtu 29 Juli 2017.

Halaman
12
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help