WartaKota/
Home »

Depok

Dampak Sistem Satu Arah di Depok, Sejumlah Jalan Alami Kemacetan Parah

Ujicoba sistem satu arah di dua jalan utama di wilayah Pancoran Mas, Kota Depok, sejak Sabtu (29/7/2017) pagi, mengakibatkan kemacetan parah.

Dampak Sistem Satu Arah di Depok, Sejumlah Jalan Alami Kemacetan Parah
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Uji Coba Satu Arah di Depok -- Kemacetan terjadi di Jalan Dewi Sartika saat diterapkannya sistem satu arah di ruas jalan itu, Sabtu pagi. 

WARTA KOTA, DEPOK -- Ujicoba sistem satu arah di Jalan Dewi Sartika dan Jalan Nusantara, di wilayah Pancoran Mas, Kota Depok, sejak Sabtu (29/7/2017) pagi, mengakibatkan kemacetan parah terjadi di sejumlah ruas jalan lain di sekitarnya.

Pantauan Warta Kota, Sabtu siang, kemacetan parah terjadi di Jalan Kartini hingga Jalan Margonda Raya sampai dengan simpang Ramanda, atau lampu merah persimpangan Jalan Margonda dan Jalan Arief Rahman Hakim, sepanjang sekitar 5 km.

Kemacetan terjadi di ruas jalan arah ke Jakarta, sementara arah sebaliknya relatif lancar. Bahkan kepadatan kendaraan di Jalan Kartini ini sempat mengular hingga Jalan Raya Citayam.

Selain itu di Jalan Dewi Sartika,  tempat sistem satu arah diberlakukan, kemacetan parah masih tetap terjadi hingga Sabtu siang.

Lalu lintas di Jalan Mawar sisi barat Jalan Nusantara juga terdampak macet ketika uji coba satu arah di Depok diberlakukan pada haru Sabtu pagi
Lalu lintas di Jalan Mawar sisi barat Jalan Nusantara juga terdampak macet ketika uji coba satu arah di Depok diberlakukan pada haru Sabtu pagi (Warta Kota/Budi Sam Law Malau)

Titik utama yang diduga menjadi biang kemacetan adalah perlintasan kereta api (KA) di ruas jalan ini, yang kerap ditutup setiap 15 menit hingga 20 menit sekali ketika kereta api melintas.

Belum lagi adanya bottle neck atau penyempitan lajur jalan di persimpangan antara Jalan Dewi Sartika dan Jalan Kartini, yang membuat ketersendatan kendaraan masih tetap terjadi.

Sejumlah petugas Dishub Depok dan Satlantas Polresta Depok yang berjaga terlihat tak mampu berbuat banyak selain mengatur arus lalin dan meminta pengendara mobil lebih cepat melaju.

Sementara itu, arus kendaraan di Jalan Nusantara, tempat sistem satu arah juga diterapkan di ruas jalan ini, tampaknya sedikit banyak mulai berhasil mengurai kemacetan.

Sistem satu arah di jalan ini berjalan lebih lancar dibanding di Jalan Dewi Sartika. Namun itu, sejumlah ruas jalan kecil lain di pemukiman di sisi barat Jalan Nusantara tampak padat, di antaranya Jalan Mawar Raya.

Di jalan-jalan ini banyak pengendara,  terutama sepeda motor dari arah Sawangan yang hendak menuju ke Jalan Margonda atau Jalan Arief Rahman Hakim, yang pengendaranya mencari jalan tembus ke Jalan Mawar, karena enggan memutar melalui Jalan Dewi Sartika.

Salah satu ruas jalan yang mengalami kemacetan parah di Jalan Dewi Sartika ketika sistem satu arah di Depok diujicobakan sejak Sabtu pagi.
Salah satu ruas jalan yang mengalami kemacetan parah di Jalan Dewi Sartika ketika sistem satu arah di Depok diujicobakan sejak Sabtu pagi. (Warta Kota/Budi Sam Law Malau)
Halaman
123
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: YB Willy Pramudya
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help