9 Maskapai Beroperasi di Terminal 4 Bandara Changi Singapura

Terminal 4 Bandara Changi Singapura bakal dibuka akhir tahun ini. Ada sembilan maskapai yang sudah siap beroperasi di terminal itu.

9 Maskapai Beroperasi di Terminal 4 Bandara Changi Singapura
KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO
Area ruang tunggu Zona Heritage di Terminal 4 Bandara Changi, Singapura, Selasa (25/7/2017). Di area ini penumpang bisa melihat arsitektur rumah toko seperti yang terlihat di daerah Katong dan Chinatown. 

WARTA KOTA, PALMERAH-Sembilan maskapai penerbangan akan beroperasi di Terminal 4 Bandara Changi, Singapura setelah terminal resmi dibuka jelang akhir tahun 2017.

Hal itu diungkapkan oleh General Manager Terminal 4 Programme Management Office Bandara Changi, Singapura, Neo Su Yin.

"Ada sembilan maskapai yang beroperasi di Terminal 4. Sebelumnya maskapai-maskapai itu berasal dari Terminal 1, 2 dab beberapa dari Terminal 3. Apa yang terjadi? Kami ingin menambah kapasitas Bandara Changi. Oleh karena itu kami membangun Terminal 4," kata Su Yin seusai Media Preview Terminal 4 Bandara Changi, Singapura, Selasa (25/7/2017).

Adapun sembilan maskapai tersebut adalah Korean Air, Spring Air, Vietnam Airlines, Cebu Pasific, Cathay Pacific, dan Asia Group (4 maskapai). Maskapai-maskapai tersebut disebut bakal melayani 800 penerbangan setiap minggu ke 20 tujuan regional.

"Kami pastikan (Terminal 4 beroperasi) sebelum akhir tahun 2017. Kami saat ini sedang menguji coba operasional Terminal 4 ke beberapa maskapai," kata Su Yin.

Menurut Su Yin, pihaknya telah menguji coba operasional bandara dengan penerbangan AirAsia, Spring Air, dan Korean Air. Su Yin harus memastikan pihak staf maskapai dan penumpang merasa nyaman dan terbiasa pada operasional baru di Terminal 4.

"Kami mengenalkan proses di Terminal 4. Kami memastikan penumpang dan staf mengerti dengan proses di sini. Khususnya staf karena yang paling berhubungan dengan bandara sehingga sudah nyaman semua," katanya.

 Bangunan Terminal 4 Bandara Changi, Singapura memiliki dua lantai dengan total area seluas 225.000 meter persegi. 

Terminal 4 akan menjadi terminal pertama di Bandara Changi yang menawarkan Fast and Seamless Travel (FAST) dari awal penumpang tiba di bandara hingga akhir bagi penumpang yang akan bepergian.

Terminal 4 Bandara Changi, Singapura bakal menambah kapasitas sebanyak 16 juta penumpang per tahun. Dengan tambahan tersebut, kapasitas total penanganan Bandara Changi menjadi 82 juta penumpang per tahun.

Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help