Indonesia akan Beli Drone Buatan Tiongkok dengan Kemampuan Mengebom

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan pemerintah akan fokus membeli drone, untuk mengoptimalisasi pertahanan Indonesia.

Indonesia akan Beli Drone Buatan Tiongkok dengan Kemampuan Mengebom
dok. google
ILUSTRASI 

WARTA KOTA, GAMBIR - Kementerian Pertahanan akan memfokuskan pengadaan pesawat nirawak alias drone, untuk melengkapi pertahanan wilayah Indonesia pada tahun depan.

Kepala Badan Sarana Pertahanan Kementerian Pertahanan Laksamana Muda Leonardi mengatakan, pemerintah akan membeli enam unit drone dari Tiongkok.

"Tiga unit dan tiga baterai, jadi enam unit (drone). Tapi mungkin pengadaan lagi. Yang penting punya dulu dengan teknologi terkini. Ini lagi jalan pengadaannya," ujar Leonardi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (26/7/2017).

Baca: Mendikbud: Sekolah Memang Harus Bayar

Alasan mengapa Tiongkok menjadi negara tujuan pembelian drone, kata Leonardi, karena baru Negeri Tirai Bambu itu yang mengizinkan, sementara negara lain tidak mengizinkan.

"Yang lain enggak mau jual. Sejauh ini sudah penjajakan G to G. Spek-nya dari TNI AU," kata Leonardi.

Spesifikasi yang diinginkan pemerintah untuk drone yakni yang memiliki spek Medium-Altitute Long-Endurance (MALE), atau setinggi 10 ribu hingga 30 ribu kaki.

Baca: Istri Donny Kesuma: Kalau Sudah Digariskan Itu Jodoh Saya, Pasti Kembali

Leonardi menambahkan, drone yang dibutuhkan tidak hanya memiliki sistem surveilance atau pengawasan, melainkan bisa melakukan penyerangan juga.

"Supaya bisa mendeteksi, mengidentifikasi, dan kemungkinan bisa serang, menjatuhkan bom," tutur Leonardi.

Halaman
12
Penulis: Nicolas Manafe
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved