Ini Kata Dinas PUPR Soal Banyaknya Jalan Rusak di Depok

"Insya Allah di Tahun Anggaran 2017 ini akan diperbaiki dengan kegiatan peningkatan. Saat ini masih menunggu proses lelang," katanya, Selasa (25/7)

Ini Kata Dinas PUPR Soal Banyaknya Jalan Rusak di Depok
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Ruas Jalan Tapos, Cimanggis yang berkubang. 

WARTA KOTA, DEPOK -- Menanggapi banyaknya ruas jalan di Depok yang rusak dan terkesan dibiarkan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok Manto menuturkan bahwa perbaikan, pemeliharaan dan peningkatan jalan terus dilakukan pihaknya, dan dilakukan bertahap.

Ia mengatakan untuk sejumlah ruas jalan rusak di Kelurahan Bedahan, Sawangan yakni Jalan Perigi serta juga Jalan Amsar dan Jalan Tapos sampai Jalan Leuwinanggung akhir tahun 2017 ini akan diperbaiki dengan kegiatan peningkatan jalan.

"Insya Allah di Tahun Anggaran 2017 ini akan diperbaiki dengan kegiatan peningkatan. Saat ini masih menunggu proses lelang," katanya, Selasa (25/7/2017).

Sementara untuk kerusakan di Jalan Raya Muchtar tepatnya di pertigaan Tugu Batu, arah masuk ke Jalan Sulaiman, Bedahan, Sawangan serta beberapa titik di Jalan Sawangan kata Manto akan dilaporkan pihaknya ke Satker Pengawasan dan Perencanaan Jalan Nasional (P2JN) Jawa Barat, karena ruas jalan tersebut statusnya jalan nasional.

"Terkait pemeliharaan di Jalan Sawangan dan Jalan Muchtar akan kami teruskan laporannya ke Satker P2JN Jabar karena status jalan itu adalah jalan nasional. Sehingga kewenangan dan dana pemeliharaannya bukan di Pemkot Depok," kata Manto.

Ia mengatakan pada tahun ini Pemkot Depok menganggarkan dana Rp 336 miliar untuk memperbaiki infrastruktur jalan, jembatan, dan drainase.

Sebagian pembangunannya kata Manto sudah mulai dan selesai dikerjakan awal sampai pertengahan tahun ini. "Sementara sebagian lagi masih dalam proses lelang," katanya.

Menurut Manto, sepanjang 2017 akan ada 473 ruas saluran air yang akan direhabilitasi, untuk mencegah genangan air atau banjir.

Ia mengklaim Pemkot Depok telah melakukan rehabilitasi dan tambal sulam jalan yang rusak atau pemeliharaan jalan hampir 80 persen dari total kerusakan jalan di Depok.

Sementara untuk pengerjaan peningkatan jalan lingkungan, baru mencapai 30 persen saja.

Halaman
1234
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved