Pemberlakuan Sistem Satu Arah Dilaksanakan di Jalan Dewi Sartika dan Jalan Nusantara

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mengumpulkan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD), camat, dan lurah di Depok.

Pemberlakuan Sistem Satu Arah Dilaksanakan di Jalan Dewi Sartika dan Jalan Nusantara
Warta Kota
Menurutnya, penerapan sistem satu arah ini akan berdampak ke dua ruas jalan utama lain yakni Jalan Margonda dan Jalan Arief Rahman Hakim, sebagai akses jalan putar para pengendara. 

WARTA KOTA, DEPOK -- Guna menyosialisasikan penerapan sistem satu arah di dua ruas jalan utama di Depok yakni di Jalan Dewi Sartika dan Jalan Nusantara, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mengumpulkan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD), camat, dan lurah di Depok dalam rapat kordinasi di Balai Kota Depok, Senin (24/7/2017).

Sekretaris Daerah Kota Depok, Harry Prihanto, yang memimpin rapat kordinasi tersebut, menyebutkan penerapan sistem satu arah ini merupakan program yang sudah cukup lama dikaji oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Depok dan Polresta Depok secara mendalam.

"Untuk penerapannya tidak hanya dilakukan oleh Dishub saja, tapi mesti didukung seluruh pejabat OPD, Camat dan Lurah di Depok. Karena itu, kami sosialisasikan agar terjadi pemahaman yang baik terhadap penerapan kebijakan tersebut,” kata Harry, usai rakot sosialisasi penerapan SSA, Senin.

Menurutnya, penerapan sistem satu arah ini akan berdampak ke dua ruas jalan utama lain yakni Jalan Margonda dan Jalan Arief Rahman Hakim, sebagai akses jalan putar para pengendara.
Menurutnya, penerapan sistem satu arah ini akan berdampak ke dua ruas jalan utama lain yakni Jalan Margonda dan Jalan Arief Rahman Hakim, sebagai akses jalan putar para pengendara. (Warta Kota)

Menurutnya,  para camat dan lurah merupakan ujung tombak sosialisasi ini kepada masyarakat agar penerapan uji coba SSA pada Sabtu 29 Juli mendatang berjalan lancar.

"Sebab, lurah dan camat ini yang nantinya akan bertemu langsung dengan masyarakat. Jadi, ketika ada warga yang menanyakan terkait kebijakan tersebut, mereka dapat memberikan informasi dengan jelas dan tepat," katanya.

Kepala Dishub Depok Gandara Budiana mengatakan dengan penerapan uji coba sistem satu arah tersebut diharapkan dapat mengurai kemacetan, yang kerap terjadi di Jalan Dewi Sartika dan Jalan Nusantara.

Saat penerapan kata Gandara pihaknya akan memasang rambu-rambu untuk mempermudah pengguna jalan.

"Selain itu, petugas juga akan berjaga di setiap rute sistem satu arah untuk membantu memperlancar arus lalu lintas," katanya.

Menurutnya hasil dari uji coba sistem satu arah akan dievaluasi setelah satu atau dua minggu. "Dengan melihat berbagai kemungkinannya. Karena berdasarkan analisa bersama Polresta Depok jaringan jalan akan semakin baik dengaj sistem ini," katanya.

Seperti diketahui Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok akan menerapkan sistem satu arah (SSA) bagi para pengendara, di dua ruas jalan utama di Depok, yakni Jalan Dewi Sartika, dan Jalan Nusantara, di wilayah Pancoran Mas, Depok, mulai Sabtu (29/7/2017) mendatang.

Halaman
12
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved