WartaKota/

Trump Angkat Orang Kaya Raya Jadi Direktur Komunikasi, Gedung Putih Bergejolak

Keputusan Presiden AS Donald Trump mengangkat pemodal kaya raya, Anthony Scaramucci, sebagai direktur komunikasi Gedung Putih memicu reaksi berantai.

Trump Angkat Orang Kaya Raya Jadi Direktur Komunikasi, Gedung Putih Bergejolak
Antara
Juru bicara Gedung Putih Sean Spicer mengadakan pengarahan pers-nya yang pertama di Gedung Putih, Washington, Senin (23/1/2017). (REUTERS/Jonathan Ernst ) 

WARTA KOTA, MATRAMAN -- Keputusan Presiden AS Donald Trump mengangkat pemodal kaya raya, Anthony Scaramucci, sebagai direktur komunikasi Gedung Putih memicu reaksi berantai yang tak terduga, dimulai dengan mundurnya Juru Bicara Gedung Putih Sean Spicer yang tak menyetujui pengangkatan itu.

Posisi Spicer kemudian digantikan oleh Sarah Huckabee Sanders yang ditunjuk pada Jumat petang.

"Presiden ingin mendatangkan beberapa orang, untuk ditambahkan ke tim," kata Spicer dalam suatu wawancara singkat pada hari Jumat.

"Ini adalah sesuatu yang Anda impikan. Saya tak bisa cukup berterima kasih kepada Presiden." Ketika ditanya apakah dia menyesal, Spicer menjawab: "Tidak ada."

Dalam sebuah pernyataan yang ditulis Sanders dalam briefing harian itu, Trump mengatakan "berterima kasih atas kerja Sean" dan berharap dia "terus sukses saat dia mengejar peluang baru - lihat saja rating televisinya yang hebat."

Sementara itu Kepala Staf Gedung Putih, Reince Priebus, dikabarkan mengadakan pertemuan pribadi dengan staf komunikasi Gedung Putih pada Jumat pagi dan mengatakan agar Spicer ikut membantu transisi Scaramucci dan menyerahkan posisi kepada direktur komunikasi yang baru.

Kabar itu dikemukakan oleh seseroang yang berada dalam pertemuan itu yang juga mnungkapkan, Priebus berupaya mengurangi ketegangan antara dirinya dengan Scaramucci, dan mengatakan keduanya sudah saling kenal sejak lama. Scaramucci juga mengatakan kepada tim barunya bahwa dia bukan seorang manajer "top-down".

Scaramucci dan Spicer kemudian mencoba berpelukan namun terlihat canggung. Spicer, kata orang itu, secara kaku menerima pelukan Scaramucci.

Gejolak
Kepergian Spicer yang mendadak mengejutkan para eksekutif senior di Sayap Barat. Hal itu mencerminkan pergolakan terbaru di Gedung Putih yang telah diisi faksi-faksi yang penuh gejolak sejak Trump menjabat.

Membawa Scaramucci ke Gedung Putih disebut-sebut dapat meningkatkan ketegangan di antara staf senior Trump.

Halaman
12
Editor: YB Willy Pramudya
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help