WartaKota/
Home »

Depok

Dishub Akui Ada Penolakan Warga Atas Rencana Penutupan Enam Perlintasan KA di Depok

Kadishub Kota Depok Gandara Budiana mengakui masih ada warga yang keberatan dan menolak rencana penutupan permanen 6 perlintasan sebidang KA di Depok.

Dishub Akui Ada Penolakan Warga Atas Rencana Penutupan Enam Perlintasan KA di Depok
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Ilustrasi: Kasatlantas Polresta Depok Kompol Sri Suhartatik mengatur lalu lintas di lokasi pengalihan lalin di Jalan Margonda di sekitar simpang Jalan Juanda, Rabu (25/2/2015) sore. 

WARTA KOTA, DEPOK - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok Gandara Budiana mengakui masih adanya sejumlah warga yang keberatan dan menolak rencana penutupan permanen enam perlintasan sebidang kereta api (KA) di Depok mulai 28 Juli mendatang, secara bergiliran.

Karenanya pihaknya terus melakukan sosialisasi rencana tersebut melalui pimpinan RW dan RT setempat agar rencana ini dipahami secara baik.

"Masih ada yang keberatan dengan rencana ini. Alasannya mereka harus memutar lebih jauh untuk menuju jalan besar, saat beraktifitas. Pro kontra seperti ini biasa. Makanya kita terus sosialisasikan," kata Gandara, saat dihubungi, Rabu (19/7/2017).

Menurutnya pertimbangan penutupan 6 perlintasan sebidang KA tersebut, karena banyak jalur alternatf lain yang lebih aman dan bisa dilintasi warga.

"Sementara perlintasan yang akan kami tutup ini cukup berbahaya, rawan dan mengancam keselamatan pengguna jalan," kata Gandara.

Seperti diketahui enam perlintasan sebidang kereta api (KA) di wilayah Kota Depok akan ditutup permanen secara bertahap, mulai dua pekan mendatang atau mulai 28 Juli.

Penutupan permanen tersebut merupakan hasil keputusan dan kesepakatan dalam rapat koordinasi terakhir oleh Ditjen Perkeretaapian, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), PT KAI (persero) dan pihak terkait lain pada Jumat (14/7/2017) hari ini.

"Telah disepakati untuk menutup enam perlintasan sebidang kereta api di Depok secara permanen, dan mulai dilakukan dua pekan mendatang atau mulai 28 Juli," kata Gandara.

Jadwal dimulainya penutupan permanen yang telah disepakati itu, kata Gandara ialah, perlintasan KA di depan Jalan Manggis dekat TK Pertiwi, Tanah Baru; akan ditutup mulai Jumat (28/7/2017) pukul 21.00; lalu perlintasan KA di Gang Tina Salon, dekat pos Dipo KRL, Pancoran Mas; akan ditutup mulai Jumat (28/7/2017) pukul 21.00.

Kemudian perlintasan KA di Gang Coteng, Ratujaya, Cipayung, Depok mulai ditutup permanen Senin (31/7/2017) pukul 21.00; lalu perlintasan KA di Gang Damai, Citayam ditutup mulai Jumat (4/8/2017) pukul 21.00, perlintasan KA di Gang Satiri, Ratu Jaya, Cipayung, Depok mulai ditutup Selasa (8/8/2017) sejak pukul 21.00 dan perlintasan KA di Gang Depok Baru di sekitar Pasar Kemiri ditutup mulai Jumat (11/8/2017) pukul 21.00.

Halaman
12
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help