WartaKota/

Penyelundupan Narkoba Modus Dalam Sepatu Terbongkar di Bandara Soetta

Selanjutnya, Bea Cukai menyerahkan pelaku dan barang bukti ke pihak BNNP Jambi guna dilakukan penyidikan lebih lanjut.

Penyelundupan Narkoba Modus Dalam Sepatu Terbongkar di Bandara Soetta
Warta Kota/Andika Panduwinata
Penyelundupan Narkoba Modus Dalam Sepatu Terbongkar di Bandara Soetta 

WARTA KOTA, TANGERANG - Dalam upaya mengamankan seluruh pintu masuk Indonesia dari gempuran narkoba, Bea Cukai bekerja sama dengan BNN melaksanakan penindakan atas lima upaya penyelundupan narkotika jenis sabu 50 kilogram.

Lima kasus tersebut berhasil ditangani hanya dalam waktu tiga hari, yaitu mulai dari Jumat (14/07/2017) sampai Minggu (16/07/2017).

Rangkaian penindakan ini diawali dengan diamankannya dua orang WNI berinisial MY dan MI. Mereka merupakan anggota sindikat narkotika Aceh.

"Kami mengamankan kedua pelaku, berikut barang bukti 508 gram sabu, yang disembunyikan tersangka MY di dalam sepatunya. Dari keterangan MY, diketahui sabu tersebut dibawa dari Batam untuk diserahkan kepada MI di Bali," ujar Kepala Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta, Tangerang pada Selasa (18/7/2017).

Tak berselang lama, tepatnya pada pada Sabtu (15/07/2017), kasus penyelundupan dengan modus serupa juga berhasil digagalkan petugas di Terminal Keberangkatan Domestik Bandara Soetta. Berdasarkan informasi dari BNN, petugas Bea Cukai Soekarno Hatta mengatensi tiga orang WNI berinisial J, YS, dan HS yang merupakan kurir narkotika.

"Saat melaksanakan penggeledahan dan pemeriksaan badan terhadap ketiganya, petugas menemukan paket sabu, dengan berat total 2,02 kilogram, di dalam sepatu para pelaku," ucapnya.

Di hari yang sama, Bea Cukai Jambi juga melakukan penindakan atas penyelundupan sabu, setelah mendapatkan informasi dari Subdit Narkotika Direktorat Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai dan BNN terkait pengiriman narkotika. Setelah mendapatkan info, Bea Cukai Jambi berkoordinasi dengan personil bidang Pemberantasan BNNP Jambi dan Bea Cukai Batam untuk mengamankan dua orang WNI di Bandara Sultan Thaha.

Keduanya kedapatan menyembunyikan satu kilogram sabu di dalam barang bawaannya.

Selanjutnya, Bea Cukai menyerahkan pelaku dan barang bukti ke pihak BNNP Jambi guna dilakukan penyidikan lebih lanjut.

Tak berhenti di sana, petugas Kanwil Bea Cukai Sumatera Utara bekerja sama dengan BNN juga berhasil mengungkap adanya dugaan penyelundupan narkotika yang berasal dari Malaysia menuju Indonesia melalui perairan pesisir timur Sumatera Utara.

Halaman
12
Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help