WartaKota/

Tiba di Bandara Soetta, Lima Awak Kapal Pembawa Sabu Satu Ton ini Langsung Digelandang Polisi

Setelah kapal pembawa sabu satu ton ditangkap oleh petugas Bea Cukai Batam, polisi menggelandang lima awaknya yang semuanya WN Taiwan ke Jakarta.

Tiba di Bandara Soetta, Lima Awak Kapal Pembawa Sabu Satu Ton ini Langsung Digelandang Polisi
Warta Kota/Andika Panduwinata
Satu di antara lima awak Kapal Wanderlust sekaligus pelaku pembawa sabu seberat satu ton digelandang polisi setelah tiba di Bandara Soekarno-Hatta dari Batam pada Senin (17/7/2017) malam sekitar pukul 22.00 WIB 

Laporan Wartakotalive.com Andika Panduwinata

WARTA KOTA, TANGERANG -- Lima awak kapal Wanderlust pembawa sabu satu ton tiba di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, pada Senin (17/7/2017) malam sekitar pukul 22.00 WIB. Mereka adalah warga negara asing (WNA) asal Taiwan.

Sebelumnya, pada hari Minggu  (16/7/2017) petugas Bea Cukai Batam berhasil menangkap kapal tersebut beserta lima pembawa sabu yang berada di dalamnya. Kapal ini pula yang mengangkut barang haram tersebut ke Serang, Banten, beberapa waktu lalu.

Kapal inilah yang kemudian ditangkap petugas di Pelabuhan Bea Cukai Perairan Tanjung Uncang, Batu Aji, Batam. Jajaran Polda Metro Jaya yang sebelumnya membongkar kasus ini melakukan pengembangan dan akhirnya membawa lima pelaku itu ke Jakarta.

Satu awak kapal d antara lima awak Kapal Wanderlust yang juga pelaku pembawa sabtu seberat satu ton yang digelandang polisi setibanya di Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, Tangerang, Banten, Senin (17/7/2017) malam sekitar pykul 22.00 WIB.
Satu awak kapal d antara lima awak Kapal Wanderlust yang juga pelaku pembawa sabtu seberat satu ton yang digelandang polisi setibanya di Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, Tangerang, Banten, Senin (17/7/2017) malam sekitar pykul 22.00 WIB. (Warta Kota/Andika Panduwinata)

Pantauan Warta Kota menunjukkan, kelima tersangka itu tiba di Bandara Soetta dengan pengawalan ekstra ketat.

Mereka digiring dari Terminal 3 Penerbangan Domestik Bandara Soekarno Hatta lalu langsung dimasukkan ke mobil warna hitam.

Masing-masing pelaku tampak digelandang aparat dalam langkah cepat. Para tersangka juga terlihat tak diselubungi kain penutup wajah.

"Kami baru landing. Mereka semuanya orang Taiwan," ujar Kasubdit 3 Satuan Narkoba Polda Metro Jaya, AKBP Bambang Yudantara, saat ditemui di Bandara Soetta pada Senin (17/7/2017) malam.

Dia menambahkan, para pelaku yang diamankan ini memang biasa berlayar. "Mereka biasa pakai kapal kelas pesiar," ucapnya.

Kapal Wanderlust itu pun sengaja dimodifikasi demi mulusnya upaya mereka dalam menyelundupkan sabu seberat 1 ton itu.

"Rutenya itu jalur masuk melalui sisi luar Sumatera. Dari Thailand masuk ke sisi barat bagian Sumatera kemudian mengarah ke Selat Sunda," kata Bambang.

Menurut Bambang, polisi terus melakukan pengembangan terkait kasus tersebut. Jajaran Polda Metro Jaya akan berkoordinasi dengan Kepolisian Taiwan untuk melakukan penyelidikan lanjut.

"Kami juga masih menyelidiki market penjualan narkoba yang mereka bawa ini," paparnya.

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: YB Willy Pramudya
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help