WartaKota/

KPK Tidak Merasa Tersaingi Densus Anti Korupsi Polri

Polri tengah menyusun pembentukan Destasemen Khusus Tindak Pidana Korupsi (Densus Anti-korupsi) hingga level Polda.

KPK Tidak Merasa Tersaingi Densus Anti Korupsi Polri
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 2015-2019 Laode Muhammad Syarif, saat acara serah terima jabatan pimpinan KPK, di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin (21/12/2015). 

WARTA KOTA, KUNINGAN - Polri tengah menyusun pembentukan Destasemen Khusus Tindak Pidana Korupsi (Densus Anti-korupsi) hingga level Polda.

Rencana pembentukan Densus Anti-korupsi ini disampaikan langsung oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian, saat rapat kerja dengan Komisi III DPR.

Atas hal ini, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode M Syarif mengapresiasi.

Baca: Ibaratkan Diri Seperti Mesin Raksasa, Polri Bentuk Densus Anti Korupsi

"‎KPK mengapresiasi niat sungguh-sungguh dari Polri soal pembentukan Densus Anti-korupsi. KPK juga tidak merasa tersaingi dengan dibentuknya Densus Anti-korupsi," tegas Laode M Syarif, Selasa (18/7/2017).

Menurut Laode M Syarif, hadirnya Densus Anti-korupsi diharapkan bisa ‎meningkatkan efektivitas kerja-kerja kepolisian dalam pemberantasan korupsi, jika dikelola dengan baik, sehingga KPK dapat melakukan koordinasi dan supervisi dengan baik.

"KPK akan tetap bekerja sesuai dengan tugas dan fungsinya sebagaimana yang tertuang dalam UU KPK dan undang-undang lain yang menjadi tanggung jawab KPK," imbuh Laode M Syarif.

Baca: Gedung Bekas Polda Metro Jaya Bakal Jadi Markas Densus Anti Korupsi

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian memastikan pihaknya tengah mengkaji pembentukan Densus Anti-korupsi yang ditargetkan selesai tahun ini.

Pembentukan Densus Anti-korupsi dikarenakan keterbatasan jumlah pegawai dan penyidik di KPK yang berjumlah di kisaran seribu orang.

Tito menyebut, tugas Densus Anti-korupsi dipastikan tidak akan tumpang tindih dengan KPK. Nantinya, Densus berkolaborasi dengan KPK dalam menangani kasus.

Bahkan, Tito juga telah menyiapkan gedung bagi markas Densus Anti-korupsi, yakni di gedung bekas Polda Metro Jaya. (*)

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help