WartaKota/
Home »

News

» Jakarta

Rumah Cantik Menteng Tetap Dipugar Mirip Bangunan Kolonial

Meski bangunan lama telah dibongkar, rumah cantik Menteng yang termasuk cagar budaya disebut akan dipugar dengan mengadaptasi bangunan kolonial.

Rumah Cantik Menteng Tetap Dipugar Mirip Bangunan Kolonial
Warta Kota/Rangga Baskoro
Rumah cantik Menteng tengah dipugar menjadi bangunan kantor. 

WARTA KOTA, MENTENG-Rumah cantik yang terletak di hoek antara Jalan Cik Ditiro dan Ki Mangunsarkoro, Menteng, Jakarta Pusat akan dipugar mengikuti prosedur perizinan yang telah dikantongi dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM dan PTSP).

Pemugaran bangunan tersebut akan dilakukan sesuai IMB (Izin Mendirikan Bangunan) dengan mengambil adaptasi bangunan kolonial yang tertuang dalam design bangunan pemugaran.

Pengamat Sosial dan Pembangunan Jakarta, D Rifaldi mengatakan, rumah cantik Menteng tergolong sebagai cagar budaya golongan C yang bisa direvitalisasi untuk menyelamatkan bangunan lama yang sudah lapuk.

Bagunan golongan C sebagai bangunan cagar budaya dapat dipugar dengan cara revitalisasi ataupun adaptasi.

"Bangunan cagar budaya Golongan C adalah bangunan cagar budaya yang dapat dilakukan pemugaran dengan cara revitalisasi," papar kata Rifaldi saat dikonfirmasi Warta Kota, Senin (17/7/2017).

Ia menambahkan, lantaran kondisi bangunan lama sudah memprihatinkan dengan atap yang hancur, tembok terkelupas dan tidak terawat.

Bangunan tersebut sudah tidak layak sehingga dilakukan penyegaran bagunan baru yang lebih elegan dan layak.

"Bagunan itu sudah merana, kalau dibiarkan terus makin lama hancur tak tersisa, maka diselamatkan (dibangun lagi)," tandasnya.

Secara prosedur, sambung Rifaldi, proses pembangunan rumah cantik tidak menyalahi aturan, lantaran pihak pemilik sudah memperoleh surat perizinan IMB dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM dan PTSP).

"Kalau sudah ada IMB tidak menyalahi aturan, sesuai prosedur dalam revitalisasi cagar budaya itu," ungkapnya.

Senada dengan Rifaldi, Dinas Cipta Karya Provinsi DKI Jakarta telah melaksanakan tugas pokoknya dalam pengawasan pembangunan rumah cantik menteng yang sedang dalam proses revitalisasi oleh pemiliknya.

"Revitalisasinya sudah sesuai prosedur dalam perizinannya (IMB) pada kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) DKI Jakarta," kata Cindy Pangastuti, Kepala Seksi Cipta Karya Kecamatan Menteng.

Ia menyatakan pihaknya sudah melakukan survei di lapangan untuk memastikan proses pembangunan rumah cantik tersebut. Setelah diperiksa ternyata pemilik sudah mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

IMB diterbitkan Dinas Penanaman Modan dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM dan PTSP) Jakarta Pusat, dengan perizinan menerangkan bangunan rumah tinggal dengan dua lantai dan satu basement.

"Bangunan itu sudah sesuai perizinan IMB yang dikeluarkan DPM dan PTSP Jakarta Pusat, sudah sama perizinan dan bangunan di lapangan," terang Cindy. (Rangga Baskoro)

Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help