WartaKota/

Destinasi Pariwisata

Koleksi Museum Tekstil Jakarta, Kain Batik Betawi Kuno Berusia Puluhan Tahun

Museum Tekstil di Jalan Aipda KS Tubun, Kelurahan Kota Bambu Selatan, Palmerah, Jakarta Barat menyimpan koleksi batik Betawi kuno.

Koleksi Museum Tekstil Jakarta, Kain Batik Betawi Kuno Berusia Puluhan Tahun
beritajakarta.id
Kain batik Betawi Kuno di Museum Tekstil, Jalan Aipda KS Tubun, Palmerah, Jakarta Barat. 

WARTAKOTA, TANAHABANG-- Museum Tekstil di Jalan Aipda KS Tubun, Kelurahan Kota Bambu Selatan,  Palmerah, Jakarta Barat menyimpan koleksi batik Betawi kuno.

Kain batik yang dikenal dengan motif Buketan ini dibuat dengan warna corak dominan biru, hijau dan merah jambu.

Karya leluhur ini, menjadi bagian kebanggaan Nusantara.

Terlebih, batik sudah ditetapkan sebagai salah satu warisan kekayaan dunia (world heritage) oleh UNESCO.

Staf Pengolah Pelayanan Museum Tekstil, Ardi Hariyadi mengatakan, kain batik kuno tersebut dihibahkan kepada Museum Tekstil pada 15 Mei 1976.

"Kain batik itu memiliki panjang 2,5 meter dengan lebar 1,1 meter. Ini termasuk batik tulis yang proses pembutannya sangat lama," ujar Ardi, Kamis (13/7).

Menurutnya, untuk pembuatan batik secara manual bisa diperlukan waktu hingga tiga bulan. Bahkan, ada yang hingga satu tahun karena tingkat kesulitan tinggi dalam pembuatan motif atau coraknya.

Ia menambahkan, agar tidak mudah rusak, batik-batik yang ada di Museum Tekstil dilakukan perawatan dan penanganan khusus.

"Koleksi batik kita taruh di ruangan dengan suhu 20 sampai 25 derajat celcius dengan kelembaban udara 50 hingga 60 persen," tandasnya.

Untuk diketahui, Museum Tekstil juga menyimpan koleksi tertua berupa bendera dari Keraton Cirebon yang dibuat tahun 1777. Benda bersejarah ini dihibahkan Gusti Putri Mangkunegoro VII yang juga merupakan salah satu pendiri Museum Tekstil pada tahun 1976. (bj/pro)

Editor: Suprapto
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help