BIN Tengah Deteksi Adanya Kartel Perikanan yang Sudah Ganggu Keeamanan

BIN menyatakan tengah melakukan upaya deteksi dini adanya dugaan kartel di sektor bisnis perikanan yang sudah menyebabkan terganggunya keeamanan.

BIN Tengah Deteksi Adanya Kartel Perikanan yang Sudah Ganggu Keeamanan
Istimewa/Youtube
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti 

WARTA KOTA, PALMERAH -- Badan Intelijen Negara (BIN) menyatakan tengah melakukan upaya deteksi dini adanya dugaan kartel yang terjadi di sektor bisnis perikanan dan sudah menyebabkan terganggunya keamanan.

Deputi VI Bidang Komunikasi dan Informasi BIN Sundawan Salya melalui keterangan tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Sabtu, menyatakan pernyataan dari Kepala BIN Budi Gunawan merupakan hasil deteksi dini BIN terkait kartel perikanan.

"Statement beliau merupakan hasil deteksi dini dan memberikan peringatan dini kepada masyarakat, mari menjadi bagian dari solusi, jangan bagian dari masalah. Kita harus jadi satu menyelesaikan persoalan ini. Jangan sampai ada yang jadi korban. Baik nelayan maupun pemerintah," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala BIN Budi Gunawan mengemukakan adanya kekuatan kartel yang ingin menyingkirkan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dari posisi menteri.

Bahkan, Budi menyebut salah satu serangan balik terhadap Susi adalah dengan demo-demo nelayan beberapa waktu lalu.

Namun, Sundawan menjelaskan bahwa kartel yang disebut bukanlah asosiasi nelayan dan pengusaha di bidang perikanan.

Sundawan menyatakan, BIN selama ini terus memantau aspek keamanan di bidang perikanan. Pantauan BIN menunjukkan, saat ini mulai ada gerakan tertentu yang berpotensi membuat situasi keamanan tidak kondusif.

Pada Jumat (14/7) sore puluhan nelayan melakukan pertemuan dengan BIN di Jakarta untuk menjelaskan maksud pernyataan Kepala BIN.

Pada pertemuan tersebut, Sundawan menegaskan, kewenangan BIN menjaga keamanan, bukan mendukung siapapun.

Ketua Masyarakat Perikanan Nusantara Ono Surono mengungkapkan, dalam pertemuan tersebut BIN menjelaskan bahwa kartel yang dimaksud Budi Gunawan bukanlah para nelayan yang melakukan aksi demonstrasi di Istana Negara.

Halaman
12
Editor: YB Willy Pramudya
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved