WartaKota/
Home »

Depok

Bakaran Sampah Merembet ke Bensin Eceran, 8 Bangunan Ludes

Penyebab kebakaran yang menghanguskan delapan bangunan di Sukmajaya Depok ternyata bakaran sampah yang menyambar bensin eceran.

Bakaran Sampah Merembet ke Bensin Eceran, 8 Bangunan Ludes
Kebakaran di Sukmajaya, Depok akibat bakaran sampah yang merembet ke kios bensin eceran. 

WARTA KOTA, DEPOK-Kebakaran delapan bangunan di Sukmajaya, Depok, Jumat (14/7/2017) siang ternyata karena api dari bakaran sampah merembet ke kios penjual bensin eceran.

Sebelumnya diduga kebakaran terjadi akibat korsleting listrik.

Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok Yayan Aryanto menegaskan dari hasil pemeriksaan lebih mendalam dipastikan penyebab kebakaran bukan karena korsleting listrik, tetapi akibat bakaran sampah menyambar bensin eceran yang dijual di salah satu kios.

"Dipastikan penyebabnya karena pembakaran sampah merembet ke penjual bensin eceran di salah satu kios," kata Yayan, Sabtu (15/7/207).

Sebelumnya kata dia diduga kebakaran akibat korsleting listrik. Namun keterangan saksi dan pemeriksaan lokasi, memperjelas bahwa penyebab kebakaran akibat api di pembakaran sampah menyambar bensin eceran yang dijual di salah satu kios.

"Karenanya api dengan cepat menghanguskan semua bangunan di sana. Apalagi semua bangunan sebagian besar terbuat dari kayu dan bahan material yang mudah terbakar," kata Yayan.

Ia menjelaskan 7 kios usaha kecil yang terbakar adalah toko buku, toko burung, toko service elektronik, kios bensin eceran, toko makanan, toko jahit dan warung kopi serta satu rumah tinggal.

"Luas areal yang terbakat 500 meter persegi dan kerugian ditaksir Rp 120 Juta," katanya.

Seperti diketahui sebelumnya, aebanyak 8 bangunan semi permanen berupa kios dan rumah tinggal di lahan taman kota di RW 28, Kelurahan Abadi Jaya, Kecamatan Sukmajaya, Depok, hangus terbakar api, Jumat (14/7/2017) siang sekira pukul 14.00.

Saat itu diduga api berasal dari korsleting listrik yang terjadi di salah satu bangunan berupa rumah tinggal milik Imam.

Kepala Dinas Damkar Kota Depok Yayan Aryanto menuturkan pihaknya menurunkan 9 unit mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan api di lokasi kejadian.

Menurut Yayan, dalam waktu satu jam pihaknya berhasil memadamkan api. "Tidak ada korban jiwa," kata Yayan.

Ia mengatakan ada delapan bangunan yang seluruhnya semi permanen, hangus terbakar dalam peristiwa itu.

Dari delapan bangunan semi permanen, tujuh bangunan berupa kios dan satu bangunan lain berupa rumah tinggal. Semuanya berada berjejer dan salinh berdekatan di sana.

Banyaknya material kayu yang dipakai di setiap bangunan, katanya, membuat api dengan cepat menghanguskan hampir seluruh bangunan yang ada.

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help