WartaKota/

SEA Games 2017

Yayuk Basuki: Bonus Besar Bisa Bikin Atlet Pensiun Dini

Komisi X DPR RI mengkritik pemberian bonus besar kepada atlet berprestasi di ajang multievent internasional.

Yayuk Basuki: Bonus Besar Bisa Bikin Atlet Pensiun Dini
Legenda tenis Indonesia Yayuk Basuki mempertanyakan perencanaan Kemenpora menghadapi SEA Games 2017 di Malaysia. 

WARTA KOTA, SENAYAN - Komisi X DPR RI mengkritik pemberian bonus besar kepada atlet berprestasi di ajang multievent internasional.

Anggota Komisi X DPR Yayuk Basuki berpendapat, iming-iming bonus besar justru bisa membuat para atlet mengalami disorientasi.

"Besarnya bonus yang diberikan malah justru bisa membuat atlet itu pensiun dini. Orientasi mereka akhirnya jadi uang, dan bukan prestasi lagi," kata Yayuk, Kamis (13/7/2017).

Baca: Rizieq Shihab Berniat Perpanjang Visa, Baru Pulang Setelah Jokowi Tidak Jadi Presiden

Menurut Yayuk, bonus harusnya tidak serta merta diberikan saat sang atlet baru saja berprestasi di sebuah ajang.

Dari kacamata mantan petenis nasional itu, ada baiknya bonus tersebut diberikan selang beberapa waktu ke depan, agar fokus sang atlet meraih prestasi tetap terjaga.

Ketimbang memberikan bonus, kata Yayuk, pemerintah harusnya lebih banyak memperhatikan kebutuhan mereka dalam mengasah diri menjadi lebih baik.

Baca: Survei SMRC: ISIS Lebih Populer Daripada Hizbut Tahrir Indonesia

Tidak memadainya fasilitas pendukung masing-masing cabang olahraga, sampai uang saku untuk kebutuhan tryout dan berlatih, menurut Yayuk, jauh lebih membantu ketimbang memberikan bonus yang sifatnya individual.

"Yang harus diperhatikan dari atlet adalah masa tua mereka. Uang bonus tersebut akan sangat berguna untuk mereka jika sudah pensiun nanti. Jadi, selama mereka masih muda dan masih bisa berkarya, sebaiknya perhatikan lebih banyak kebutuhan yang bisa menunjang," usul Yayuk.

Diberitakan sebelumnya, Kemenpora mengusulkan dana tambahan sebesar Rp 25 miliar untuk kebutuhan penghargaan kepada atlet berprestasi, di SEA Games 2017 maupun ASEAN Paragames 2017 nanti.

Dana tersebut disiapkan untuk mengantisipasi adanya dulangan medali emas tambahan. Pemerintah memasang target kontingen Indonesia membawa pulang 65 medali dari Malaysia nanti. (*)

Penulis: Banu Adikara
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help