WartaKota/
Home »

Depok

Narkoba

Begini Cara Operasi Mafia Narkoba Taiwan, Selundupkan 1 Ton Sabu ke Indonesia

Empat orang mafia sabu warga negara Taiwan berupaya memasukkan 1 ton sabu dalam 51 kotak kemasan, dari China ke Indonesia melalui jalur laut.

Begini Cara Operasi Mafia Narkoba Taiwan, Selundupkan 1 Ton Sabu ke Indonesia
istimewa
Tangkapan sabu 1 ton 

WARTA KOTA, DEPOK -- Empat orang mafia sabu warga negara Taiwan berupaya memasukkan 1 ton sabu dalam 51 kotak kemasan, dari China ke Indonesia melalui jalur laut.

Aksi mereka berhasil digagalkan Tim Gabungan Satuan Tugas Merah Putih dari Polda Metro Jaya dan Polresta Depok di dermaga eks Hotel Mandalika di Jalan Anyer Raya, Serang, Banten, Kamis (13/7/2017).

Dari empat pelaku, seorang atas nama Lin Ming Hui yang berperan sebagai bos atau pengendali kawanan ini, ditembak mati petugas, karena melakukan perlawanan saat akan dibekuk.

Aparat Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya (PMJ) dan Satuan Narkoba Depok, berhasil mengamankan satu ton sabu di kawasan Anyer, Serang, Banten, Kamis (13/7/2017) dini hari.
Aparat Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya (PMJ) dan Satuan Narkoba Depok, berhasil mengamankan satu ton sabu di kawasan Anyer, Serang, Banten, Kamis (13/7/2017) dini hari. (ISTIMEWA)

Dua pelaku lain yakni Chen Wei Cyuan dan Liao Guan Yu menyerah dan ditangkap hidup-hidup.

Sementara satu pelaku lainnya Hsu Yung Li berhasil kabur dan masih dalam pencarian petugas.

Wakil Kepala Kepolisian Resor Kota Depok Ajun Komisaris Besar Faizal Ramadhani mengatakan kawanan mafia sabu asal Taiwan ini memasukkan sabu dari Taiwan ke Indonesia dengan memanfaatkan jalur laut.

Awalnya, kata dia, sabu dikirim dari Taiwan menggunakan kapal besar.

"Kemudian sabu dipindahkan ke perahu kecil atau perahu karet, saat kapal berada di tengah laut," kata dia, Kamis.

Dengan beberapa perahu kecil, kemudian sabu dibawa dan dilabuhkan di dermaga tepi laut di eks Hotel Mandalika di Jalan Anyer Raya, Serang, Banten.

Di sana, ke 51 kotak kemasan besar berisi sabu tersebut, dimasukkan dalam dua mobil innova.

Halaman
123
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help