WartaKota/
Home »

News

» Jakarta

Ainah Tersenyum Lega Negatif Kanker Serviks

Ainah adalah salah satu dari ratusan perempuan yang mengikuti kegiatan Bulan Deteksi Dini Kanker Serviks yang digelar BPJS Kesehatan Cabang Jaksel

Ainah Tersenyum Lega Negatif Kanker Serviks
Warta Kota/Feryanto Hadi
Suasana Bulan Deteksi Dini Kanker Serviks yang digelar BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan di Puskesmas Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (13/7) pagi. 

WARTA KOTA, CILANDAK -- Wajah Ainah (40) berseri-seri usai keluar dari ruang pemeriksaan.

Sambil mendekat ke arah para rekannya yang sedang menunggu antrean, ia tersenyum. Sembari duduk, ia mengelus dada sebagai lambang kelegaan.

“Alhamdulillah, dinyatakan negatif,” kata Aminah memulai perbincangan dengan Warta Kota di Puskesmas Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (13/7) pagi.

Seorang ibu tengah berkonsultasi dengan petugas medis pada acara Bulan Deteksi Dini Kanker Serviks yang digelar BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan di Puskesmas Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (13/7) pagi.
Seorang ibu tengah berkonsultasi dengan petugas medis pada acara Bulan Deteksi Dini Kanker Serviks yang digelar BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan di Puskesmas Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (13/7) pagi. (Warta Kota/Feryanto Hadi)

Ainah adalah salah satu dari ratusan perempuan yang mengikuti kegiatan Bulan Deteksi Dini Kanker Serviksyang digelar BPJS KesehatanCabang Jakarta Selatan.

Ia mengaku, baru kali ini melakukan pengecekan terhadap kemungkinan terpapar kanker melalui IVA/Papsmear setelah maraknya kasus public figur yang terserang penyakit ini.

"Kanker serviks ini kan penyakit bahaya. Kalau sudah stadium atas, katanya susah sembuh dan butuh biaya pengobatan yang tidak sedikit. Makanya, saya sangat antusias mengikuti kegiatan sosialisasi dan pengecekan ini. Apalagi deteksi ini tidak dikenakan biaya,” imbuhnya.

Ratusan warga lain pada Kamis pagi juga ramai-ramai mengikuti kegiatan ini.

Mereka bahkan rela mengantre untuk mendapatkan giliran diperiksa oleh sejumlah tenaga medis yang disediakan.

drg Fatmiaty, Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan menyatakan, kesadaran kaum perempuan untuk melakukan deteksi dini dengan melalui IVA/Papsmear di Jakarta Selatan sejauh ini masih cukup rendah, yakni baru tercapai sekitar 12 persen dari target 30 persen yang ditargetkan oleh Kementerian Kesehatan.

Sejumlah wanita menunggu giliran dipanggil pada acara Bulan Deteksi Dini Kanker Serviks yang digelar BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan di Puskesmas Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (13/7) pagi.
Sejumlah wanita menunggu giliran dipanggil pada acara Bulan Deteksi Dini Kanker Serviks yang digelar BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan di Puskesmas Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (13/7) pagi. (Warta Kota/Feryanto Hadi)

“Jumlahnya masih di bawah target meskipun dari waktu ke waktu ada peningkatan. Saat ini baru ada 4828 perempuan usia 30-50 yang telah melakukan deteksi dini baik di puskemas maupun di klinik. Dari angka itu, sebanyak 37 orang diduga terjangkit serviks,” imbuhnya.

Halaman
123
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help