WartaKota/
Home »

Video

VIDEO: Ini Lokasi Rumah Baru untuk Joni dan Keluarganya

Ini udah kita siapkan bedeng ini sampai selesai, udah bersih. Nanti ada pula kamar mandinya kalau ukuran 6 meter x 5 meter

WARTA KOTA, JAKARTA- Kelurahan Pekojan sedang mempersiapkan tempat tinggal bagi Joni (55) dan Isa (30), pasangan yang baru dinikahkan Jumat (7/7) lalu. Selama puluhan tahun, keluarga itu tinggal di sebuah gang sempit Jalan Gedong Panjang, Tambora, Jakarta Barat.

Ruangan seluas 6 meter x 5 meter di Bank Sampah, Jalan Pejagalan Raya Gedong Panjang RT 02/10, Pekojan depan Tugu Menara Pekojan akan disulap menjadi tempat tinggal Joni dan Isa. Saat ini, memang kondisinya belum ada pembangunan. Dengan cara sistem bedah rumah menggunakan dana CSR dan kepedulian warga sekitar.

Masih banyak gerobak-gerobak sampah yang diparkirkan di lokasi tersebut. Namun, dalam waktu satu bulan, maka tempat tersebut akan menjadi tempat tinggal untuk keluarga kecil Pesek, panggilan akrab Joni.

"Ini udah kita siapkan bedeng ini sampai selesai, udah bersih. Nanti ada pula kamar mandinya kalau ukuran 6 meter x 5 meter," kata Lurah Pekojan Tri Prasetyo Utomo.

Joni dan Isha beserta tiga orang anak-anaknya akan tinggal di tempat itu pada bulan Agustus. Selain mendapatkan tempat tinggal, Joni juga akan dipekerjakan di Bank Sampah.

"Agustus nanti bersaman dengan HUT RI. jadi di hari kemerdekaan si Pesek pun merdeka, punya rumah, tidak di gang. Jadi dia sudah merdeka nempati rumah itu," ungkapnya.

Beberapa fasilitas rumah akan disediakan seperti tempat tidur, meja dan kursi, serta lemari bagi keluarga Joni. Semuanya tidak menggunakan APBD DKI. "Semua ambil dari bantuan tidak mengikat, CSR dan mengajukan ke Kemensos bantuan rumah layak huni," tuturnya.

Sedangkan gang sempit tempat keluarga Joni dan Isa tinggal selama puluhan tahun akan dikembalikan fungsinya. Barang-barang milik Joni dan Isa sudah dibersihkan dari gang tersebut.

"Sudah kita bersihkan, kita sterilkan. Kami akan kembalikan fungsinya sebagai jalan, gang. Jadi dimanfaatkan untuk penghuni yang ada di RT 4 RW 10 untuk jalan masuk," tuturnya.

Penulis: Bintang Pradewo
Editor: ahmad sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help