Wahai Orangtua, Jangan Pilih Sekolah Hanya karena Faktor Kedekatan Jarak dengan Rumah

Faktor-faktor tersebut, sambung Ayoe, akan menambah tingkat kepercayaan orangtua untuk menitipkan anak-anaknya kepada pengajar di sekolah.

Wahai Orangtua, Jangan Pilih Sekolah Hanya karena Faktor Kedekatan Jarak dengan Rumah
WARTA KOTA/RANGGA BASKORO
Orangtua murid menunggu anak-anaknya di hari pertama kegiatan belajar mengajar di SDN Pasar Baru 11, Jalan Kelinci Raya, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Senin (10/7/2017). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Rangga Baskoro

WARTA KOTA, PALMERAH - Psikolog anak Ayoe Sutomo menyatakan, ada banyak faktor yang harus dijadikan pertimbangan, sebelum orangtua memilih sekolah untuk anak-anak, terlebih bagi anak yang baru memulai sekolah dasar (SD).

Faktor-faktor tersebut, sambung Ayoe, akan menambah tingkat kepercayaan orangtua untuk menitipkan anak-anaknya kepada pengajar di sekolah.

"Sebelum memilih sekolah, orangtua harus menilai dan melakukan pengamatan pada sekolah itu. Dasar-dasar itu yang bisa dijadikan alasan yang kuat bagi orangtua untuk mempercayakan anak-anaknya kepada pengajar," kata Ayoe ketika dihubungi Warta Kota, Senin (10/7/2017).

Baca: Bukan Mustahil Pendukung ISIS Manfaatkan Momen Mudik TKI untuk Pulang ke Indonesia

Faktor jarak antara rumah dan sekolah, menurut Ayoe, tak seharusnya jadi alasan utama untuk memilih sekolah. Lebih dari itu, nilai-nilai edukasi yang ditanamkan keluarga pun juga harus sesuai dengan yang diajarkan di sekolah.

"Banyak hal lain yang seharusnya jadi pertimbangan orangtua untuk memilih sekolah untuk anak-anaknya, tak hanya berdasarkan faktor dekat dari rumah. Misalnya, faktor apakah nilai-nilai yang ada di sekolah tersebut sesuai dengan nilai-nilai yang ada di keluarganya?" papar Ayoe.

Ketidaksinambungan antara keduanya bisa menjadi masalah tersendiri bagi sang anak, untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan sosial yang ada di sekitarnya.

"Apabila nilai-nilai ekonomi keluarga tidak sesuai dengan sekolahnya, akan terjadi ketidaksinambungan. Karena sekolah tidak hanya berbicara kualitas. Lebih dari itu, orangtua harus memikirkan bagaimana pergaulan di sekolah itu? Bagaimana anak-anak harus menyesuaikan diri dengan situasi sosial yang ada di sana?" tuturnya. (*)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help