WartaKota/

3 Maskapai Beroperasi di Terminal 3 Soekarno-Hatta Bulan Ini

Maskapai Saudi Arabian Airlines resmi beroperasi di Terminal 3 Internasional Bandara Soekarno-Hatta mulai hari ini.

3 Maskapai Beroperasi di Terminal 3 Soekarno-Hatta Bulan Ini
Kompas.com
Pesawat Saudi Arabian Airlines saat membawa Raja Salman ke Indonesia. 

WARTA KOTA, CENGKARENG-Maskapai Saudi Arabian Airlines resmi beroperasi di Terminal 3 Internasional Bandara Soekarno-Hatta mulai hari ini.

Dijadwalkan dalam waktu dekat ada empat maskapai lain yang beroperasi di Terminal ini, tiga di antaranya mulai beroperasi Juli ini.

"Dalam waktu dekat yang beroperasi yakni Vietnam Airlines, Korea Air, Xiamen Airlines dan China Airlines," kata Senior General Manager Bandara Internasional Soekarno-Hatta, M Suriawan Wakan di Terminal 3, Senin (10/7/2017).

Masing-masing maskapai dijadwalkan beroperasi di Terminal 3 Internasional mulai 12 Juli untuk Vietnam Airlines, 17 Juli Korea Air dan 30 Juli Xianmen Air, sementara China Airlines beroperasi pada 8 Agustus 2017.

Seluruh maskapai yang dipindah ke Terminal 3 pada tahap awal ini merupakan anggota dari aliansi penerbangan Skyteam, dimana Garuda Indonesia merupakan salah satu anggotanya.

Wakan mengatakan, ditargetkan seluruh penerbangan internasional dari Bandara Soekarno-Hatta akan diterbangkan dari Terminal 3 pada 2017 ini.

PT Angkasa Pura II (Persero) melalui kantor Cabang Bandara Soekarno-Hatta mengklaim telah merancang perpindahan operasional dengan matang.

Mulai dari sisi pelayanan dan fasilitas, sisi airside dan juga landside.

Terminal 3 Internasional dilengkapi dengan sejumlah fasilitas digital seperti, baggage handling system (BHS), layar flight information display system (FIDS) dan aplikasi smartphone yang dapat mempermudah penumpang pesawat atau pengunjung bandara mencari lokasi parkir, memesan tempat parkir inap, melakukan reservasi taksi dan melihat jadwal penerbangan.

Guna mendukung kelancaran operasional, Terminal 3 juga dilengkapi dengan 64 konter imigrasi, masing-masing 32 konter imigrasi di keberangkatan dan kedatangan.

Selain itu juga terdapat total 32 autogate imigrasi, di mana masing-masing 15 autogate imigrasi di keberangkatan dan 17 autogate imigrasi kedatangan.

“Kita juga sudah menerapkan common use check-in counter system yang juga sudah diterapkan bandara terbaik di dunia,” terang Wakan.

Pada security check point sebelum memasuki area imigrasi terdapat 12 unit x-ray dan dari dua unit body scanner, nantinya akan ditambah menjadi enam unit.

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help