Di Tasikmalaya Siswa Pertanian Bebas Biaya Sekolah, Mahasiswa Pertanian Dibantu Biaya Kuliahnya

Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya menggratiskan pendidikan bagi siswa SMK Pertanian dan membantu kemudahan biaya bagi mahasiswa Pertanian.

WARTA KOTA, PALMERAH -- Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya menggratiskan pendidikan bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pertanian dan membantu kemudahan biaya bagi mahasiswa asal Kabupaten Tasikmalaya yang belajar di Fakultas Pertanian Universitas Siliwangi Tasikmalaya.

"Orang yang akan kuliah di Fakultas Pertanian Unsil akan dibantu pembiayaaan satu kecamatan satu orang minimal dan SMK pertanian gratis," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tasikmalaya, Muhammad Zein kepada wartawan di Tasikmalaya, Kamis.

Dia menuturkan, Pemkab Tasikmalaya terus berupaya mencanangkan program dalam mendorong perkembangan pertanian daerah.

Salah satunya, kata Zein, melalui dunia pendidikan dengan menggratiskan biaya pendidikan SMK Pertanian dan bekerjasama dengan Fakultas Pertanian Universitas Siliwangi Tasikmalaya untuk membantu kemudahan biaya mahasiswa asal Tasikmalaya.

"Anggaran dunia pertanian dikucurkan," katanya.

Dia menambahkan, persoalan pertanian di Kabupaten Tasikmalaya adalah minimnya PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan) karena yang ada saat ini sudah banyak yang memasuki masa pensiun.

Pemerintah, lanjut dia, sulit mencari pengganti PPL, sehingga upaya mencari penggantinya terus dilakukan dengan menyiapkan sumber daya manusianya melalui dunia pendidikan.

"Sulit untuk mendapatkan pengganti mereka," katanya.

Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum, menyatakan pemerintah daerah serius memperhatikan pengembangan dan potensi pertanian di Tasikmalaya.

Dia meyakini, lima puluh tahun mendatang para ahli pertanian akan dibutuhkan sehingga perlu persiapan sumber daya manusia untuk menjawab masa depan tersebut.

"Seperti sekarang dibutuhkan ahli teknologi, sehebat apapun teknologi tanpa pangan maka timbul keresahan sosial," katanya.

Editor: YB Willy Pramudya
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help