WartaKota/
Home »

News

Inilah Kali Pertama Trump akan Bertemu Putin Setekah Hubungan Mereka Memanas Sejak Pemilu AS

Presiden AS Donald Trump untuk kali pertama akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada KTT Negar-negara G20 di Jerman.

Inilah Kali Pertama Trump akan Bertemu Putin Setekah Hubungan Mereka Memanas Sejak Pemilu AS
Banjarmasin Post
Donald Trump 

WARTA KOTA, PALMERAH -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump untuk kali pertama akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada konferensi tingkat tinggi (KTT) negara-negara berperekonomian kuat dunia (G20) di Jerman pekan depan untuk pertama kalinya.

Kabar itu disampaikan oleh seorang pejabat AS, Kamis. Namun kepada media, Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih HR McMaster mengatakan, agenda pada pertemuan puncak G20 di Hamburg itu belum ditentukan.

Rencana pertemuan itu langsung memantik bayangan tentang panasnya hubungan antara Pemerintahan AS di bawah Trump dan Putin karena peristiwa yang mewarnai terpilihnya Trump pada Pemilihan Presiden AS yang dimenanginya.

Sebelumnya tuduhan bahwa Rusia mencampuri pemilihan presiden tahun lalu serta berkomplot dengan tim kampanye Trump, kerap membayangi kemenangan tak terduga Trump serta masa lima bulan pertamanya menjabat sebagai presiden.

Presiden Rusia Vladimir Putin
Presiden Rusia Vladimir Putin (telegraph.co.uk)

Kedua negara juga berbeda sikap soal perang saudara di Suriah. Moskow mendukung Presiden Bashar al-Assad sementara AS menyokong kelompok-kelompok pemberontak yang berupaya menggulingkan Bashar.

Washington juga membuat Rusia marah dengan melancarkan serangan peluru kendali ke sebuah pangkalan udara pemerintah Suriah pada April.

Menteri Luar Negeri Jerman Sigmar Gabriel mengatakan kepada Putin, Kamis, Jerman berharap dapat mempertemukan Putin dan Trump pada pertemuan puncak.

Sebelumnya, kantor kepresidenan Rusia, Kremlin, mengatakan Putin dan Trump akan bertemu di sela-sela penyelenggaraan KTT G20 namun tidak akan melakukan pertemuan terpisah.

"Mereka bagaimana pun akan saling bertemu di sana, di sela-sela pertemuan puncak ini, tapi untuk saat ini tidak ada rencana melakukan pertemuan (secara terpisah)," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov kepada para wartawan.

Pada Rabu, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan "mungkin tidak pantas" jika Putin dan Trump tidak berbicara antara satu sama lain pada pertemuan puncak tersebut. Demikian laporan Reuters yang dikutip Antara.

Editor: YB Willy Pramudya
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help