Timnas Basket Indonesia 3x3 u-18 Ditekuk Belgia dan Uganda

Peluang timnas u-18 bola basket 3x3 Indonesia untuk lolos dari fase grup D Kejuaraan Dunia 3x3 u-18 di Cheng Du, Tiongkok langsung menyempit.

Timnas Basket Indonesia 3x3 u-18 Ditekuk Belgia dan Uganda
warta kota
tim basket 3X3 Indonesia 

CHENG DU, RABU -- Peluang timnas u-18 bola basket 3x3 Indonesia untuk lolos dari fase grup D Kejuaraan Dunia 3x3 u-18 di Cheng Du, Tiongkok langsung menyempit.

Bertanding pada hari pertama, mereka langsung ditekuk dua kali oleh Belgia dan Uganda, Rabu (28/6).

Tim yang diasuh mantan pemain Satria Muda Pertamina, Rony Gunawan itu, kalah 11-18 dari Belgia, dan 18-20 dari Uganda.

Dua kekalahan ini langsung membuat skuat Indonesia yang terdiri dari Muhammad Arighi, Ronald Firdaus Pua Dawe, Nickson Damara Gosal, dan Arya Partha berada di zona tidak aman.

Mereka berada di urutan empat klasemen, satu tingkat di atas Yordania yang menjadi juru kunci grup ini. Dua posisi teratas sudah diamankan oleh Belgia dan Rumania.

Tim u-18 sendiri dijadwalkan kembali bertanding pada Jumat (30/6) melawan Rumania dan Yordania.

Mengenai kekalahan timnya, Rony Gunawan mengatakan bahwa penyebabnya adalah minimnya persiapan.

"Memang kami latihan hanya pas-pasan, apalagi saat bulan puasa. Kami hanya satu kali melakukan sparring, itupun cari lawannya sulit. Kekalahan ini (menjadi) tanggung jawab saya, " kata Rony.

Terkait penampilan, Rony mengatakan, sebenarnya strategi mereka berjalan pada awal-awal gim tetapi sayang, konsentrasi mereka buyar setelah didera rasa lelah.

"Begitu susah kecapekkan, mereka tidak bisa menerapkan lagi game plan, langsung blank. Ini jadi evaluasi kami, " katanya.

Menghadapi pertandingan kedua, Rony mengatakan, Rumania bakal menjadi lawan terberat mereka.

Tetapi nihilnya bigman dalam tim juga disebutkan menjadi persoalan sendiri, mengingat para pemain Rumania memiliki badan besar-besar.

Strategi menerapkan tembakan jarak jauh dan membuka celah melakukan penetrasi ke bawah ring pun menjadi opsi terbaik untuk bersaing, dan memenangkan pertama nanti.

Penulis: Banu Adikara
Editor: YB Willy Pramudya
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved