WartaKota/

Ribuan Warga dari Empat Daerah Ikut Mudik Gratis

BPJS Ketenagakerjaan memberangkatkan 5.000 warga dari empat daerah ke kampung halamannya secara serentak pada Jumat (23/6/2017) pagi.

Ribuan Warga dari Empat Daerah Ikut Mudik Gratis
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Ilustrasi. Perjuangan pemudik untuk menembus medan Nagrek yang berat, tajam, berkelok-kelok, dan terdapat tanjakan yang lumayan berat. 

WARTA KOTA, BEKASI -- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan memberangkatkan 5.000 warga dari empat daerah ke kampung halamannya secara serentak pada Jumat (23/6/2017) pagi.

Empat daerah itu adalah Kota Bekasi, Jakarta, Tangerang dan Karawang.

“Pelepasan pemudik ini dilakukan serentak di empat daerah tersebut,” ujar Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, Enda Ilyas Lubis di Stadion Candrabhaga, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jumat (23/6) pagi.

Ilyas mengatakan, di Kota Bekasi pihaknya memberangkatkan 1.000 pemudik ke berbagai daerah di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur hingga Sumatera.

Mereka diberangkatkan dari Stadion Candrabhaga menggunakan 22 armada bus.

Sementara pemudik asal Jakarta sebanyak 2.000 orang diberangkatkan dari Bursa Mobil, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Mereka diberangkatkan menggunakan 47 armada bus pariwisata. Sementara untuk wilayah Tangerang diberangkatkan dari Mall Alam Sutera sebanyak 1000 pemudik dengan menggunakan 21 armada bis.

“Terakhir wilayah Karawang sebanyak 1.000 pemudik diberangkatkan dari Plaza Pemda Karawang dengan menggunakan 22 armada bus pariwisata,” ujar Ilyas.

Ilyas mengungkapkan, kegiatan mudik gratis ini merupakan acara rutin setiap tahun yang dilakukan oleh lembaganya. Kegiatan ini juga bagian dari Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) BPJS Ketenagakerjaan terhadap masyarakat

“Mudik gratis juga bertujuan untuk mengakomodir keinginan para pekerja untuk melaksanakan hari raya Idul Fitri di kampung halamannya seperti di Jawa Timur, Jawa Tengah hingga Sumatera,” ungkapnya.

“Kegiatan mudik bersama BPJS Ketenagakerjaan rutin dilakukan setiap tahun, ini wujud terimakasih kami kepada perusahaan yang tertib administrasi dalam pembayaran dan pendaftaran pekerjanya pada program BPJS Ketenagakerjaan,” ujarnya.

Dia menambahkan, program mudik gratis ini diharapkan akan menambah kepercayaan pekerja kepada BPJS Ketenagakerjaan dan meningkatkan brand awareness dimulai dari keluarga pekerja yang nantinya akan menyebar ke masyarakat luas.

Sementara itu salah satu pemudik asal Ngawi, Jawa Timur bernama Adi (37) mengaku, terbantu dengan adanya mudik gratis ini. Menurut dia, mudik gratis ini bisa menghemat biaya pengeluaran bus sekitar Rp 400.000 per orang. “Saya berangkat dengan istri dan satu orang anak. Kalau tidak pakai mudik gratis, bisa mengeluarkan biaya Rp 1,2 jutaan,” kata Adi.

Adi berharap agar kegiatan ini bisa terus dilakukan setiap hari raya. Bila perlu, kata dia, pas hari Raya Idul Adha juga mengadakan mudik gratis. “Saya tahu informasi mudik gratis dari tetangga. Kemudian saya daftar ke BPJS,” jelasnya.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help