VIDEO: Bukit Salam, Ikonnya Tol Cipali Anda Perlu Tahu

Terkenal dengan jalan yang lurus tanpa hambatan, Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) rupanya memiliki satu pemandangan indah yang menjanjikan.

WARTA KOTA, PALIMANAN -- Terkenal dengan jalan yang lurus tanpa hambatan, Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) rupanya memiliki satu pemandangan indah yang menjanjikan.

Lokasi tersebut dikenal bernama Bukit Salam.

Bukit yang berada di wilayah Ciwaringin, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat itu akan dilintasi pengendara sesaat memasuki KM 185 Tol Cipali, baik dari arah Jakarta maupun Cirebon, Jawa Barat.

Berbeda dengan kondisi jalan Tol Cipali yang lurus dan landai, pengendara harus memacu kendaraannya dengan kondisi jalan menanjak dan berkelok sesaat melintasi Bukit Salam.

Namun, perjuangan menanjak sejauh 1,2 kilometer dengan kemiringan sekitar 30 derajat sangat sepadan, bentangan pemandangan terlihat indah di baliknya.

Dari kejauhan, sosok Bukit Salam yang kini terbelah menjadi dua sudah terlihat bentuknya, dataran penuh pepohonan setinggi 40 meter dengan bentangan sepanjang 800 meter.

Sementara pada sisi kiri dan kanan jalan terhampar sawah hijau yang luas.

Bukan hanya itu, daya tarik bukit Salam sebenarnya adalah sebuah batu berukuran besar yang dinamakan Batu Bleneng.

Batu berbentuk oval setinggi delapan meter dengan lingkar enam meter persegi itu dapat dilihat di sebelah kanan apabila pengendara menuju arah Palimanan.

Batu berwarna hitam yang disebut masyarakat tidak dapat dihancurkan lantaran memiliki kekuatan magis itu terlihat mencolok dibandingkan dengan permukaan turap berbahan beton.

Halaman
12
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved