Politikus PDIP: Pancasila Lebih Baik dari Sistem Khilafah

Ketua Fraksi PDI Perjuangan MPR Ahmad Basarah mengingatkan masyarakat harus bersyukur diwariskan ideologi Pancasila.

Politikus PDIP: Pancasila Lebih Baik dari Sistem Khilafah
Kompas.com
Wakil Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah 

WARTA KOTA, SENAYAN - Ketua Fraksi PDI Perjuangan MPR Ahmad Basarah mengingatkan masyarakat harus bersyukur diwariskan ideologi Pancasila. Karena, menurut Basarah, ideologi tersebut lebih baik daripada sistem khilafah.

"Pancasila lebih baik dari sistem khilafah, karena punya sila persatuan Indonesia,” ujar Ahmad Basarah di Haul ke-47 Bung Karno dan peluncuran buku “Bung Karno, Islam, dan Pancasila” di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (21/6/2017).

Pancasila, lanjutnya, juga lebih baik dari manifesto komunis dan paham liberalisme serta kapitalisme. Karena, di dalam Pancasila, kata Basarah, terdapat sila kelima.

Baca: MUI: Memaksakan Sistem Khilafah Adalah Kesesatan Secara Agama dan Pembangkangan Secara Politik

"Pancasila lebih baik dari paham liberalisme/kapitalisme karena punya sila keadilan sosial," kata Basarah.

Buku “Bung Karno, Islam, dan Pancasila” materi substansinya sebagian besar diambil dari disertasi doktor Ahmad Basarah, 'Eksistensi Pancasila Sebagai Tolok Ukur dalam Pengujian UU terhadap UUD 1945 di Mahkamah Konstitusi: Kajian Perspektif Filsafat Hukum dan Ketatanegaraan'.

“Buku Bung Karno, Islam, dan Pancasila akan memberikan manfaat dan dapat menjadi jembatan pemikiran antara pandangan Golongan Islam dan Golongan Nasionalis dalam menghadapi dan menyikapi perubahan sosial," tutur Basarah. (*)

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help