Kritik Indra Sjafri untuk Suporter Sepak Bola Indonesia

Indra Sjafri mengatakan bahwa sulit berkembangnya para pemain Indonesia salah satunya disebabkan oleh tekanan dari para suporter klub sepak bola.

Kritik Indra Sjafri untuk Suporter Sepak Bola Indonesia
Warta Kota/Banu Adikara
Pelatih timnas U-19, Indra Sjafrie 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Banu Adikara

WARTA KOTA, SENAYAN -- Pelatih timnas u-19 sepak bola Indonesia, Indra Sjafri mengatakan bahwa sulit berkembangnya para pemain Indonesia salah satunya disebabkan oleh tekanan dari para suporter klub sepak bola.

Indra menilai, suporter kerap kali memberi tekanan ke pelatih maupun manajemen klub terkait susunan pemain yang dimainkan saat liga bergulir.

Indra merasakan sendiri hal tersebut saat ia melatih Bali United di awal musim Go-Jek Traveloka Liga 1.

"Kadang suporter tidak paham kalau pelatihnya mau mencoba semua kemampuan dan kekuatan pemainnya. Asal yang pemain favorit tidak dimainkan, pelatih yang dimaki-maki. Saya pun pernah disuruh keluar karena melakukan rotasi pemain dan mengistirahatkan pemain yang ingin mereka lihat, " kata Indra.

Akibatnya, kata Indra, para pemain bukan favorit pun kerap kali dibangkucadangkan karena tekanan tadi, dan potensi mereka yang sebenarnya tak tergali.

Indra menilai, harusnya suporter mengerti apa yang diinginkan pelatih demi memperkuat semua lapisan tim. Indra mengaku sudah membuktikan hal tersebut dengan melahirkan beberapa pemain muda yang sekarang cukup diperhitungkan, seperti Yabes Roni.

"Kalau saya ikuti semua maunya suporter, Yabes Roni tidak akan besar seperti sekarang. Jadi tolonglah mengerti. Suporter adalah elemen penting dalam sepak bola, tapi tolong jadilah suporter yang mendukung. Jangan hanya berlagak seperti pemegang saham tunggal yang semua maunya harus diikuti, " kata Indra. (*)

Penulis: Banu Adikara
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved