WartaKota/

Mudik 2017

Pengelola Jalan Tol Jakarta-Cikampek Antisipasi Kepadatan di Tempat Istirahat

PT Jasa Marga mengantisipasi kepadatan di tempat istirahat jalan tol Jakarta-Cikampek dengan menyediakan tiga titik fasilitas parking bay.

Pengelola Jalan Tol Jakarta-Cikampek Antisipasi Kepadatan di Tempat Istirahat
Warta Kota/Nur Ichsan
Infrastruktur di jalur Tol Cikampek terus dibenahi untuk menyambut para pemudik yang melintasi kawasan ini, Senin (19/6/2017).Salah satunya dengan membangun Parking Bay, yang bertujuan untuk menampung tumpahnya kendaraan yang masuk ke rest area, meskipun hanya mempunyai fasilitas yang terbatas seperti musola dan toilet saja. 

WARTA KOTA, BEKASI - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengantisipasi kepadatan di tempat istirahat (rest area) jalan tol Jakarta-Cikampek dengan menyediakan tiga titik fasilitas parking bay berupa tempat parkir, tempat ibadah, dan kamar mandi.

"Pengguna jalan diarahkan untuk menggunakan parking bay, untuk kepentingan darurat, salat, atau toilet," kata Kepala Gerbang Tol Cikarang Utama, Hervian, ditemui di kantor Jasa Marga Gerbang Tol Cikarang Utama, Kabupaten Bekasi, Selasa (20/6/2017).

Ia mengatakan tiga parking bay di jalan tol Jakarta-Cikampek tersebut terletak di kilometer 18, 41, dan 58. Rata-rata parking bay tersebut dapat menampung 80 kendaraan.

Kemudian, Hervian mengatakan upaya lain yang dilakukan untuk mengurangi antrean kendaraan di tempat istirahat adalah dengan memberlakukan sistem buka tutup.

Baca: Kapolri : Upaya Paksa Penangkapan Hanya Bisa Dilakukan untuk Keperluan Peradilan

"Apabila rest area sudah penuh maka petugas akan menutup sementara arus masuknya. Nanti ketika sudah ditutup, petugas akan secara persuasif mengimbau supaya yang sudah selesai agar keluar dulu dari rest area karena ada yang akan menggunakan lagi," kata dia.

Hervian juga mengimbau pengguna jalan agar memanfaatkan tempat istirahat secara proporsional.

Ia menjelaskan bahwa di rest area juga terdapat kepentingan bisnis, sehingga banyak pengendara bisa menetap lama bahkan rela mengantre.

Sebelumnya, Hervian memprediksi puncak arus mudik di jalan tol Jakarta-Cikampek akan terjadi pada Jumat (23/6/2017) atau "H-2" Lebaran 2017.

Data lalu lintas libur Lebaran 2017 di Gerbang Tol Cikarang Utama mencatat pada Rabu (21/6/2017) direncanakan terdapat 105.375 kendaraan masuk dan kamis (22/6/2017) 114.182 kendaraan.

Sementara pada perkiraan puncak arus mudik di Jumat (23/6) diperkirakan lebih dari 120.000 kendaraan akan masuk melintasi tol Jakarta-Cikampek. (Antaranews.com)

Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help